4 Minuman Segar Pembangkit Energi

  • 2 min read
  • May 19, 2021
Minuman Pembangkit Energi

Setelah kita melakukan aktivitas yang memiliki intensitas tinggi seperti berolahraga yang menghabiskan tenaga fisik maupun bekerja yang menguras pikiran kita. Maka badan pastinya akan merasa sangat lelah. Itu karena cairan elektrolit di dalam tubuh berkurang.

Seringkali kita memulihkan stamina dengan minuman segar yang dapat membuat kondisi tubuh agar tetap terjaga. Hindari minuman yang mengandung gula buatan seperti soda atau sirup yang tidak menyehatkan.

Pilihlah minuman-minuman yang mengandung banyak vitamin untuk memberi tambahan energi dan stamina, sehingga bisa mencegah dari tubuh yang lemas saat menjalani kegiatan sehari-hari.

Ada banyak jenis minuman segar yang sering dikonsumsi untuk melepas dahaga setelah melakukan berbagai macam aktivitas. Selain memberikan sensasi segar, beberapa minuman ini juga berfungsi efektif untuk menyehatkan tubuh. Lantas, minuman dingin apa saja yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut ini.

  • Air jeruk atau lemon

Minuman segar pertama yang bisa Anda coba adalah segelas air lemon atau air jeruk yang kaya akan vitamin. Anda bisa mengonsumsinya di pagi hari sebelum berangkat bekerja agar tubuh dan pikiran terasa segar.

Kandungan vitamin C-nya juga sekaligus membantu meningkatkan stamina tubuh Anda sepanjang hari. Tak hanya itu. Antioksidan dan mineral yang terkandung dalam air lemon ikut membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga Anda tidak gampang sakit [1].

  • Air kelapa

Ini merupakan alternatif lain jika Anda tidak bisa mengonsumsi rasa asam pada pagi hari. Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah semalaman Anda tidak makan dan minum.

Air kelapa kaya antioksidan untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.Tidak hanya itu. Air kelapa juga menjaga detak jantung tetap teratur dan melancarkan metabolisme tubuh. Rutin minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida (lemak jahat dalam tubuh) [2].

  • Jus atau smoothies

Sudah bukan rahasia lagi bahwa minuman berbahan dasar buah ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Minuman satu ini tidak hanya membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, tapi juga memberikan asupan berbagai vitamin dan mineral yang Anda butuhkan sepanjang hari [1].

Selain itu, tingginya serat dari jus membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengurangi keinginan makan banyak.

  • Minuman isotonik

Minuman yang satu ini sangat cocok Anda konsumsi setelah berolahraga. Karena, pada umumnya, minuman isotonik dikembangkan untuk menggantikan cairan elektrolit dan energi yang hilang selama beraktivitas. Minuman ini biasanya mengandung mineral, kalsium, magnesium, klorida, natrium, kalium, dan karbohidrat (gula) yang menjadi sumber energi [3].

Deretan minuman diatas menjadi pilihan yang tepat untuk Anda minum ketika tubuh terasa lelah setelah beraktivitas. Untuk minuman seperti jus Anda bisa mengganti gula pasir dengan madu sebagai pemanis, sedangkan air kelapa pilihlah yang alami dari buahnya langsung tidak berupa kemasan yang sudah dicampur oleh pemanis buatan.

Untuk minuman isotonik Anda bisa mempercayai Mizone sebagai sumber pengganti hilangnya cairan elektrolit setelah berolahraga. Mengapa Mizone? Karena berbeda dengan minuman isotonik lainnya Mizone menggunakan pemanis alami dengan kadar gula dan kalori yang rendah. Serta mengandung berbagai macam vitamin B yaitu B3, B6, B12. Hadir dengan empat varian rasa, yaitu Lychee Lemon (Leci Lemon), Cranberry (Kranberi),Star Fruit (Belimbing), dan Cherry Blossom (Bunga Sakura) yang mampu menjadi minuman segar bagi tubuh Anda. Mizone juga aman untuk diminum setiap hari karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya sudah sesuai dengan aturan BPOM dan DEPKES RI [4].

Source:

  1. https://www.suara.com/lifestyle/2019/11/18/134306/biar-melek-5-minuman-sehat-ini-bisa-bikin-tubuh-segar-saat-bekerja?page=all
  2. https://www.healthline.com/nutrition/8-coconut-water-benefits
  3. https://www.alodokter.com/minuman-isotonik-teman-yang-tepat-saat-berolahraga
  4. https://mizone.co.id/faq