7 Manfaat Olahraga Renang untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

  • 3 min read
  • Jun 22, 2021
Manfaat Olahraga Renang

Berenang sering disebut olahraga yang sempurna. Manfaat olahraga yang satu ini bisa beragam, mulai dari latihan aerobik tanpa dampak yang merusak pada persendian, dan itu bisa dilakukan oleh orang yang sangat tua maupun yang sangat muda.

Ini digunakan oleh para atlet untuk tetap kuat dan tetap bugar saat pulih dari cedera, dan tidak ada peralatan mewah yang dibutuhkan—hanya kamu dan biru tua.

Berenang memiliki lebih banyak manfaat daripada keuntungan yang terlihat di permukaan; peningkatannya terhadap kesehatan secara keseluruhan jauh lebih dalam. Jadi, mari kita tarik napas panjang, dan selami 10 manfaat olahraga renang untuk kesehatan tubuh.

  • Berenang meningkatkan pembentukan dan kekuatan otot

Perenang mendapatkan kekuatan otot di seluruh tubuh. Di mana pelari melihat pembentukan otot di kaki mereka, perenang menggunakan lebih banyak kelompok otot untuk bergerak melalui air. (1)

Saat kaki menendang, lengan menarik. Saat punggung mencapai dan berputar, perut mengencang untuk memberi kekuatan pada kaki dan menstabilkan inti, menjadikan berenang salah satu latihan aerobik terbaik untuk memberi kamu latihan tubuh total. Sebagai inspirasi, kamu bisa melihat fisik bugar dari Michael Phelps, atlet renang asal Amerika Serikat juara olimpiade.

  • Berenang membangun massa tulang

Selama bertahun-tahun, para peneliti mencemooh gagasan bahwa berenang mempengaruhi massa tulang. Banyak yang menganggap bahwa hanya latihan menahan beban yang dapat mencapai manfaat ini, bukan? Namun hal ini adalah pernyataan yang salah menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology.

Karena ada alasan etis untuk menghindari pemeriksaan tulang secara mendalam pada manusia, penelitian ini menempatkan tikus ke dalam tiga kelompok: berlari, berenang, dan kelompok kontrol tanpa stimulasi olahraga. Sementara berlari masih menunjukkan peningkatan BMD (Bone Mineral Density) tertinggi. Kelompok renang juga menunjukkan keuntungan dibandingkan kelompok kontrol baik dalam hal BMD maupun berat tulang femoralis. (2)

Sementara lebih banyak penelitian diperlukan, temuan baru ini menunjukkan bahwa penelitian sebelumnya yang mengabaikan manfaat berenang untuk tulang mungkin perlu ditinjau kembali.

  • Berenang membantu tubuhmu tetap fleksibel

Berenang mengharuskan kamu menjangkau, meregangkan, memutar, dan menarik jalan kamu melalui air.

Pergelangan kaki kamu menjadi sirip dan diregangkan dengan setiap tendangan saat kamu mendorong melawan tekanan cairan. Ini tidak berarti kamu tidak boleh melakukan peregangan sendiri, tetapi peregangan berulang yang ditemukan dalam berbagai pukulan kamu juga membantu fleksibilitas. (2)

  • Berenang mengurangi peradangan

Sementara manfaat kardiovaskular berenang untuk memperkuat otot jantung adalah pengetahuan umum, penelitian juga menunjukkan aktivitas aerobik, seperti berenang, mengurangi peradangan yang mengarah ke penumpukan aterosklerosis di jantung. (2)

  • Berenang dapat membakar kalori

Semua orang tahu bahwa berenang adalah cara yang bagus untuk membakar kalori, tetapi kebanyakan tidak menyadari bahwa itu bisa seefisien melompat di atas treadmill. Tergantung pada stroke yang kamu pilih dan intensitas kamu, berenang dapat membakar kalori yang sama atau lebih besar daripada berlari. (1)

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir tentang keringat di mata kamu. Misalnya: selama 10 menit berenang kamu membakar 60 kalori dengan gaya dada, 80 kalori dengan gaya punggung, 100 kalori dengan gaya bebas, dan 150 kalori dengan gaya kupu-kupu.

Untuk perspektif, berlari sejauh 10 menit membakar sekitar 100 kalori. Oleh karena itu, sesi kecepatan kupu-kupu 30 menit yang kuat dapat membakar 150 kalori lebih banyak daripada berlari 5K dalam kerangka waktu yang sama.

  • Berenang dapat memperbaiki kondisi asma

Tidak ada yang lebih membuat frustasi seperti mencoba berolahraga lalu tidak bisa bernapas. Tidak seperti berolahraga di udara gym yang kering atau olahraga lainnya di “daratan” berenang memungkinkan kamu menghirup udara lembab saat kamu berlatih.

Berenang tidak hanya membantu meringankan gejala asma, penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat olahraga renang adalah memperbaiki kondisi paru-paru secara keseluruhan.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, sekelompok anak-anak yang menyelesaikan program renang enam minggu mengalami perbaikan dalam keparahan gejala, dengkuran, pernapasan mulut, dan rawat inap dan kunjungan UGD. Manfaat ini masih dirasakan setahun setelah program renang berakhir. Orang yang tidak menderita asma juga mendapat manfaat karena berenang meningkatkan volume paru-paru secara keseluruhan dan mengajarkan teknik pernapasan yang baik. (2)

  • Berenang menurunkan stres dan depresi

Suka mendapatkan endorfin secara alami? Sementara banyak yang berbicara bahwa lari adalah salah saat olahraga yang dapat meningkatkan mood,  berenang juga dapat membawa semua emosi yang baik itu.

Selain hormon bahagia, kamu juga bisa merasakan respons relaksasi yang mirip dengan yoga. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, berenang meregangkan tubuh kamu terus-menerus. Kombinasikan ini dengan pernapasan berirama yang dalam, dan kamu dapat merasakan sensasi relaksasi yang sangat unik dalam olahraga ini.

Salah satu manfaat olahraga renang juga menenangkan dan sifatnya meditatif, karena suara napas kamu dan air yang mengalir deras membantu kamu fokus ke dalam dan menghilangkan semua gangguan lainnya. Ini menurunkan stres dan depresi secara alami.

Penelitian juga menunjukkan bahwa berenang dapat memulihkan kerusakan otak akibat stres melalui proses yang disebut neurogenesis hipokampus. Jadi, jika kamu merasa seperti sedang tenggelam secara emosional, melompat ke badan air yang sebenarnya mungkin tepat seperti yang kamu perlukan untuk menemukan kaki yang nyaman kembali. (2)

Itulah tadi berbagai manfaat olahraga renang untuk kesehatan tubuh kita. Setelah selesai dengan sesi renangmu, pastikan kamu minum Mizone, ya! Sebagai satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, Mizone bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

Source:

  1. https://www.alodokter.com/aneka-manfaat-berenang-untuk-kesehatan
  2. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/ten-benefits-swimming-you-may-not-know-about.html