Cara Agar Pinjaman dengan Jaminan BPKB Motor Diterima

  • Bexi
  • Oct 08, 2022

Mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor merupakan cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan tambahan dana dalam waktu singkat. Namun, tidak semua pengajuan pinjaman pasti disetujui, lho. Yuk, simak tips berikut agar pengajuan pinjaman jaminan bpkb motor Anda bisa diterima!

Produk pinjaman dengan jaminan BPKB motor seringkali dipilih karena prosesnya yang praktis dan aman. Banyaknya jumlah pengguna motor di Indonesia turut mempengaruhi mengapa cara ini sering dipilih untuk mendapatkan tambahan dana dalam waktu singkat. Nominal dana yang didapatkan pun cukup besar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial. Misalnya untuk tambahan modal usaha, renovasi rumah, dan masih banyak lagi. 

Namun, tidak semua pengajuan pinjaman pasti disetujui, lho. Tentunya, ada syarat dan ketentuan yang berlaku dalam mengajukan pinjaman jaminan BPKB motor. Apa saja yang harus Anda perhatikan agar pengajuan pinjaman Anda bisa berjalan dengan lancar?

Persiapkan Dokumen Lengkap

Langkah pertama agar pengajuan pinjaman Anda bisa berjalan dengan lancar adalah mempersiapkan dokumen yang lengkap. Seperti KTP, KK, surat keterangan domisili, slip gaji, surat nikah, surat kepemilikan rumah, dan lain sebagainya. Pastikan untuk mengecek dengan teliti data apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan pembiayaan. Dengan dokumen yang lengkap, pengajuan pinjaman Anda bisa disetujui dengan mudah. 

Mempunyai Penghasilan Tetap 

Profil calon peminjam juga merupakan faktor penentu keberhasilan pengajuan kredit Anda. Selain syarat usia, umumnya calon peminjam juga harus memiliki penghasilan tetap. Jika penghasilan Anda dirasa kurang cukup untuk mengajukan pinjaman, maka pengajuan kredit Anda akan lebih sulit untuk disetujui. Sebaiknya, Anda mengajukan kredit apabila berprofesi sebagai karyawan atau wiraswasta minimal setahun. Dengan kondisi keuangan yang telah stabil, kebutuhan lainnya pun tidak akan terganggu ketika Anda mengajukan pinjaman. 

Penuhi Persyaratan Aset Jaminan

Selanjutnya, perhatikan juga apakah motor yang akan Anda jaminkan telah memenuhi persyaratan. Walaupun hanya BPKB nya saja yang dijaminkan, namun aset yang akan Anda jaminkan turut mempengaruhi persetujuan kredit Anda. Sebab, tidak semua kendaraan bisa dijadikan jaminan. Umumnya, motor yang diterima maksimal berusia 10 tahun dengan merek asal negara Jepang atau Italia. Selain itu, motor yang Anda jaminkan pun harus dalam kondisi prima. 

Cek Riwayat Kredit

Yang terakhir, pastikan bahwa Anda tidak masuk dalam daftar hitam atau blacklist BI. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki kredit lain yang masih belum lunas atau telat bayar. Sebab, apabila catatan kredit Anda kurang baik, maka pengajuan pinjaman akan lebih sulit untuk disetujui. 

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar pengajuan pinjaman BPKB motor Anda lancar.