Saat ini sudah banyak alat alat transportasi yang memudahkan perjalanan anda dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satu alat transportasi yang cukup sering digunakan dan cukup digemari masyarakat adalah kereta api. Setiap moda transportasi mempunyai keunggulannya masing – masing dan pelanggan dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini kelebihan menggunakan kereta api, dan cara cara Pembelian Tiket Kereta Api.

Kelebihan menggunakan kereta api

Berikut ini adalah beberapa kelebihan kereta api jika dibandingkan dengan transportasi darat lainnya. Tentunya perbandingan ini menggunakan transportasi yang sama – sama berada di darat agar perbandingan yang dilakukan lebih adil.

1. Mempunyai kecepatan lebih tinggi

Hal pertama yang menjadi keunggulan kereta api adalah kecepatannya. Memang saat ini Indonesia belum mempunyai kereta super cepat seperti di negara maju lainnya seperti China dan Jepang. Namun tetap saja kecepatannya kereta api akan lebih cepat dibanding laju angkutan darat lainnya. Kira kira jika dihitung rata rata kecepatan kereta api adalah sekitar 80 km per jam dan hampir sangat konstan. Berbeda dengan angkutan darat lainnya yang kecepatan cenderung banyak fluktuasi naik turunnya. Otomatis dengan hal itu akan membuat kereta api akan sampai dua kali lebih cepat dibandingkan angkutan darat lainnya.

2. Lebih nyaman dan aman

Kereta api boleh dikatakan lebih nyaman karena khususnya pada kereta api jarak jauh tidak ada penumpang yang berdiri, dan untuk kereta jarak dekat jika berdiri pun, kapasitasnya sudah disesuaikan dengan kalkulasi keamanan dan kenyamanan penumpang. Berbeda dengan transportasi darat lainnya yang cenderung serakah menarik penumpang walau kondisi sudah sangat penuh dan sesak. Kereta api cenderung lebih aman bagi para wanita karena tempat duduk dan kapasitas yang dihitung dengan standar tertentu, maka membuat para wanita terbebas dari tangan tangan usil pria mesum yang ingin mengambil kesempatan untuk meremas remas bagian bokong ataupun payudara. Kereta api juga akan lebih nyaman bagi para lansia dan wanita hamil bahkan kaum difabel karena sudah mempunyai standar pelayanan tertentu bagi orang – orang tersebut.

3. Tidak ada gangguan

Kereta api sudah cukup lama melarang bagi para pedagang asongan ataupun penumpang yang membawa barang secara berlebihan untuk naik kereta. Jika di jaman dulu pernah ditemukan adanya pedagang asongan ataupun pengamen dan penumpang yang membawa hewan seperti ayam, sayuran, dan barang yang semestinya tidak ikut masuk lainnya, berbeda dengan saat ini yang boleh dikatakan tidak ada gangguan semacam itu. Jika begini caranya penumpang bisa duduk santai sambil mendengarkan laku, bahkan tidur sejenak sambil menunggu stasiun yang ingin dituju.

4. Punya jalur sendiri

Satu lagi keunggulan kereta api adalah dengan adanya jalur yang memang khusus dibuat untuk kereta.  Hal ini membuat kereta lebih bebas hambatan dan terbebas dari lautan kemacetan. Hal ini juga akan membuat penumpang lebih nyaman karena tidak harus capek capek menunggu antrean panjang untuk dapat segera lewat dan sampai tujuan.

Nah itu tadi beberapa kelebihan menggunakan kereta api dibandingkan angkutan darat lainnya. Perlu diketahui bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna sehingga pemilihan moda transportasi harus lebih disesuaikan pada situasi dan kondisi penumpang. Bagi anda yang tertarik menjadi train mania, simak cara cara yang akan memudahkan akan membeli tiket kereta api.

1. Langsung datang ke stasiun

Cara yang satu ini adalah cara yang paling kuno dan konvensional. Kelebihannya bagi para pemula hal ini cukup memudahkan karena langsung berhadapan dengan petugas dari PT KAI. Hal ini membuat para pemula tidak akan salah pilih kereta ataupun jadwal. Kelemahan menggunakan cara ini adalah pembeli harus rela antri cukup lama, terutama jika saat high season pembeli bisa antri hingga berjam jam bahkan dalam cuaca yang sedang panas sekalipun. Belum lagi setelah capek capek antri ternyata tiket sudah ludes terjual, hal ini membuat anda bisa emosi tingkat tinggi.

2. Memesan lewat situs PT KAI

PT KAI terus melakukan inovasi demi menjaga para pelanggannya untuk tetap setia menggunakan jasa mereka. Salah satunya adalah dengan adanya situs PT KAI online, sehingga masyarakat bisa membeli langsung dan memilih jadwal yang sesuai untuknya. Sistem pembayarannya cukup  mudah pula karena bisa lewat ATM ataupun dengan membayar lewat rekan rekan bisnis PT KAI. Menggunakan cara kedua ini akan membuat anda lebih mudah dan tidak perlu capek capek antri bahkan berpanas panas ria. Cukup siapkan komputer, laptop atau smartphone anda untuk membeli. Bahkan saat ini PT KAI juga sudah mempunyai aplikasi yang bisa diunduh lewat playstore yang ada di smartphone anda.

3. Memesan lewat situs booking online

Cara berikutnya ini hampir sama dengan cara kedua, namun cara yang berikut ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan cara kedua. Melalui situs booking online inilah para pembeli tiket yang beruntung bisa mendapatkan tiket tiket promo. Tiket promo tersebut tidak akan ditemukan jika beli di stasiun ataupun di situs resmi, karena potongan tersebut adalah bentuk reward bagi pengguna situs booking online, dan tidak jarang potongan tersebut adalah hasil rogohan kocek situs booking online itu sendiri. Cara pembayarannya juga cukup mudah karena juga bisa dibayar lewat ATM, rekan rekan bisnis PT KAI, bahkan bisa menggunakan kartu kredit dengan sistem cicilan sekalipun. Jadi tentunya akan lebih memudahkan karena dapat memungkinkan anda berjalan jalan dulu dan bayar kemudian. Tentunya penggunaan fasilitas tersebut harus dilakukan dengan bijaksana dan perhitungan yang matang agar anda tidak pusing di kemudian hari.

4. Memesan lewat rekan rekan bisnis PT KAI

Rekan bisnis PT KAI yang sering ditemui adalah minimarket minimarket di dekat rumah atau lingkungan anda. ya betul sekali, bukan bermaksud sebut merk, mereka adalah Alfamart dan Indomaret. Disini bagi anda yang masih awam mengoperasikan beberapa sistem teknologi, bisa mencoba cara ini dari pada anda langsung datang ke stasiun. Anda juga tidak perlu kuatir akan salah membeli tiket karena petugas yang membantu anda walaupun bukan dari PT KAI langsung, namun mereka sudah terlatih untuk melayani pelanggan. Anda tidak perlu repot repot antri, dan bisa membeli dengan santai di ruangan yang lebih nyaman, dan dingin AC nya. Jika sudah memilih pesanan anda tinggal langsung bayar di tempat untuk tiket pesanan anda, dan siap digunakan.

5. Membeli lewat biro perjalanan

Walaupun sudah banyak situs booking online, namun biro perjalanan offline masih tetap ada. Jika anda masih bingung, anda bisa langsung datang ke biro perjalanan terdekat untuk membeli tiket. Para petugas yang ada pastinya akan senantiasa membantu anda, dan bahkan bisa anda minta tolong sekaligus untuk mengecek harga tiket yang paling murah.

Berikut tadi adalah sekilas tentang transportasi kereta api, namun sayangnya fasilitas Pembelian Tiket Kereta Api hanya dapat anda lakukan di pulau Jawa karena daerah diluar Jawa belum ada fasilitas kereta api.