Salah satu alasan utama bahwa rayap dapat sangat merusak adalah bahwa pada saat banyak pemilik rumah menemukan kutu, kerusakan parah telah dilakukan.

Infestasi membasmi rayap seperti kanker, deteksi dini dan peluangnya cukup bagus, tangkap terlambat dan perawatannya akan menyakitkan dan intensif. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk belajar menemukan tanda-tanda kutu rayap. Perhatikan hal-hal berikut agar rumah anda anti rayap:

  1. KAWANAN RAYAP BERSAYAP

Jika Anda melihat segerombolan rayap bersayap dekat atau di sekitar rumah Anda, itu pertanda pasti bahwa sebuah koloni rayap ada di dekatnya. Sama seperti semut bersayap, rayap bersayap ini cenderung berkerumun di sekitar sumber cahaya. Mereka juga terlihat agak mirip, dan orang awam tidak akan dapat membedakan mereka.

  1. WINGS OF SWARMERS YANG DIBUANG

Swarmers rayap tidak menjaga sayap mereka lama. Begitu mereka melepaskan sayap, mereka mencari tempat untuk membangun sarang baru. Jika Anda melihat tumpukan kecil sayap swarmers yang dibuang di tempat-tempat seperti kusen jendela, atau terperangkap dalam jaring laba-laba, mungkin ada koloni rayap di dekatnya; atau yang akan dimulai.

  1. TABUNG LUMPUR

Rayap bawah tanah membangun tabung lumpur (kadang-kadang dikenal sebagai tabung tempat berlindung atau mencari makan) sebagai penghubung antara sumber makanan dan koloni mereka. Ini terbuat dari tanah, puing-puing, dan kayu, dan mereka membantu melindungi koloni terhadap pemangsa dan menjaga kelembaban. Jika Anda memiliki infestasi rayap di tanah, Anda akan menemukan tabung ini di dasar rumah Anda atau di substrukturnya.

  1. GALERI RAYAP

Saat rayap bawah tanah memakan melalui kayu di rumah Anda, mereka membuat ‘galeri rayap’. Ini adalah ruang kosong yang tersisa di kayu saat mereka menggali melalui itu. Biasanya, galeri rayap sejajar dengan butiran kayu.

  1. KOTORAN RAYAP

Rayap kayu kering meninggalkan kotoran tinja saat mengunyah kayu di rumah Anda. Kotoran mereka, yang dikenal sebagai frass, berbentuk pelet, dan terlihat seperti butiran pasir atau serbuk gergaji yang berat. Jika Anda menemukan gundukan kotoran rayap di dan sekitar rumah Anda, kemungkinan besar Anda memiliki serangan rayap kayu kering.

  1. KAYU HOLLOW

Rayap akan memakan rumah Anda dari dalam ke luar; itulah yang membuat mereka begitu berbahaya. Sepotong kayu bisa terlihat sangat normal di luar tetapi benar-benar dipenuhi dengan rayap di bagian dalam. Jika Anda mencurigai adanya serangan rayap di area tertentu, ketuk atau tusuk kayu untuk melihat apakah itu berongga . Pada saat retakan dan celah mulai muncul di permukaan, kerusakan mungkin sangat luas.

  1. LANTAI BENGKAK ATAU MENGUPAS / BUBBLING PAINT

lantai kayu bengkakDitambah dengan tanda-tanda lain kutu rayap, lantai kayu yang bengkak dapat berarti bahwa ada kerusakan rayap di bawahnya. Rayap menyukai daerah gelap dan lembab. Itu sebabnya mereka hidup tepat di bawah permukaan kayu dan membawa kelembaban ke galeri rayap mereka.

Kelembaban ini sering menyebabkan kayu membengkak. Jika Anda memiliki rayap di lantai kayu Anda, lantai tersebut kemungkinan akan mulai membengkak. Demikian pula, uap air juga dapat menyebabkan cat pada permukaan kayu menggelembung atau mengelupas ; terutama jika rayap telah dimakan sampai ke lapisan cat.

Karena tanda-tanda ini mirip dengan tanda-tanda kebocoran air pada umumnya (karena keduanya disebabkan oleh kelembaban), pastikan untuk menyingkirkan kebocoran air terlebih dahulu. Jika Anda telah menentukan bahwa kebocoran air bukanlah penyebabnya, Anda dapat memeriksanya lebih lanjut dengan melihat apakah kayunya telah menjadi berlubang. Demikianlah ulasan mengenai Cara Cepat Membasmi Rayap dengan Mudah, semoga bermanfaat.