Jualan online di media sosial bukan jadi hal yang baru lagi. Media sosial dipilih karena dinilai efektif dalam memasarkan sebuah produk serta menjaring banyak pelanggan. Selain itu, faktanya sudah banyak pebisnis yang meraih kesuksesan hanya dengan berjualan di media sosial.
Rata-rata pemilik usaha sudah memanfaatkan media sosial untuk kegiatan promosi, baik hanya untuk keperluan branding atau penjualan. Tetapi, bukan berarti sudah semua orang atau pemilik usaha tahu bagaimana cara memasarkan produk melalui media sosial.
Memasarkan produk di media sosial itu penting. Apalagi jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 139 juta orang. Ini adalah kesempatan yang perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Selain itu, promosi di media sosial termasuk gratis. Ini kelebihan media sosial untuk pelaku usaha yang masih merintis dari nol.
Tips Jualan Online di Media Sosial.
1. Pilih platform media sosial yang tepat
Cara jualan online di medsos yang pertama adalah dengan memilih platform yang tepat. Ada begitu banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan, tapi pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.
Beberapa platform media sosial yang dapat kamu jadikan tempat jualan seperti Instagram, Facebook, TikTok, aplikasi WhatsApp Bisnis. Masing-masing platform media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan. Sekiranya dalam hal manajemen dan pengelolaan harus pula kamu perhatikan.
Salah memilih platform media sosial juga dapat merugikan kamu. Alih-alih ingin mendatangkan banyak pelanggan, justru jadi sepi pelanggan akibat platform medsos yang dipilih tidak cukup menguntungkan untuk jualan online kamu.
2. Konten yang menarik
Setelah mengetahui platform media sosial apa saja yang ingin digunakan, langkah berikutnya adalah dengan membuat konten semenarik mungkin. Dengan konten yang menarik, peluang agar konten tersebut disukai dan dibagikan ke jejaring media sosial lain akan lebih tinggi. Sehingga, pemasaran menjadi lebih efektif bahkan dipasarkan oleh orang lain yang melihat atau membacanya.
Buatlah konten yang sederhana tapi cukup berisi dan informatif. Pastikan visual yang dibuat juga mengikuti tren desain saat ini agar calon pelanggan yang melihatnya tertarik untuk membagikan konten tersebut.
Konten dapat berupa foto atau gambar menarik yang berhubungan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Atau dalam bentuk video durasi pendek yang menjadi minat calon pelanggan untuk datang ke media sosial tempat kamu jualan.
Bila tidak dapat memproduksi konten sendiri, kamu dapat memanfaatkan jasa konten atau freelance untuk membuatkan konten menarik untuk jualanmu. Jadi, kamu tidak perlu repot-report memikirkan ide konten yang cocok untuk usahamu.
3. Gunakan foto profil yang profesional
Foto profil jadi salah satu unsur terpenting dalam cara jualan online di media sosial. Semua orang akan melihat foto profil kamu terlebih dahulu sebelum berkunjung ke akun bisnis kamu. Jika foto profil yang digunakan tidak tampak profesional, calon pelanggan akan enggan untuk menghampiri akun kamu. Hal ini berhubungan dengan rasa kepercayaan pelanggan dengan bisnis kamu.
Oleh karenanya, siapkan foto profil terbaik. Foto profil bisa berupa logo produk atau gunakan foto yang memang mewakili jualan online kamu.
4. Respon pelanggan dengan cepat
Bangun citra yang baik untuk bisnis kamu. Respon pelanggan dengan cepat dan baik yang datang, baik di kolom komentar atau direct message. Keduanya tetap harus direspon secepat mungkin. Hal ini penting agar dapat membangun relasi yang baik dengan para pelanggan.
Meski konsumen hanya bertanya saja, kamu tetap harus memberikan respon. Faktanya, sebagian besar calon pembeli akan mengurungkan niatnya untuk membeli di jualan online apabila penjualnya tidak segera membalas pertanyaannya.
5. Gunakan Payment Link untuk terima pembayaran
Payment Link adalah teknologi pembayaran digital bagi pelanggan bisnis untuk memudahkan mereka dalam membayar. Payment Link atau Link Pembayaran ini berupa URL sederhana yang di dalamnya sudah terdapat fitur checkout dengan berbagai jenis pembayaran.
Payment Link sudah membawa preferensi untuk pelanggan secara khusus. Selain itu, Payment Link juga aman karena memiliki enkripsi data pelanggan dan transaksi sehingga mengurangi resiko penipuan dan kebocoran data.
Dengan menggunakan Link Pembayaran, pelanggan bisnis dapat membayar melalui transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS dengan mudah. Hal ini secara performa bisnis dapat meningkat karena faktor kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam pembayaran sehingga mereka akan datang untuk belanja kembali.
Link Pembayaran dapat dibagikan melalui aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram, dan disematkan di media sosial untuk kemudahan pelanggan membayar.
Payment Link ini dapat diperoleh melalui Aplikasi Winpay tanpa integrasi apapun dalam platform media sosial yang digunakan. Cocok segala jenis bisnis, UMKM, bisnis kreatif, dan produk-produk digital yang dijual melalui media sosial.