Cara Mempercepat Koneksi Internet dan Wifi

  • 2 min read
  • Feb 26, 2021
Cara Mempercepat Koneksi Internet dan Wifi

Koneksi internet yang lemot tentu membuat siapa saja menjadi kesal, hal ini dikarenakan ada kesalahan tertentu pada jaringan internet atau wifi kalian. Patut kalian ketahui beberapa masalah yang menimbulkan koneksi menjadi lambat dari biasanya. Sebenarnya kecepatan jaringan sangat dipengaruhi oleh Mbps (Megabit per second) yang digunakan. Jika mbps yang kalian gunakan besar, maka akan semakin pula internet yang kalian miliki.

Selain itu, Indonesia sendiri termasuk Negara yang memiliki koneksi internet buruk, tapi bisa dikatakan jika saat ini Indonesia berhasil mengalami beberapa peningkatan. Sebelum mengarah ke pembahasan artikel, sebaiknya pastikan terlebih dahulu mengenai kecepatan provider paket layanan yang kalian miliki. Jika kalian masih bingung bagaimana cara mempercepat koneksi jaringan, tidak perlu khawatir, seperti yang telah dikutip oleh Valetic.id  tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet dan Wifi yang bisa kalian coba dibawah ini.

Penyebab Jaringan Internet Menjadi Lemot

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang menyebabkan koneksi internet menjadi lambat ketika diakses, yang menyebabkan jaringan tidak stabil dan mengganggu aktivitas kalian sehari-hari. Apa saja? Mari simak selengkapnya dibawah ini.

  • Terganggu dengan aplikasi
  • Jaringan Terlalu sibuk
  • Cuaca buruk
  • Pengguna melebihi kapasitas wifi
  • Area tertutup
  • Sinyal provider terlalu jauh

Cara Mempercepat Koneksi Internet dan Wifi Dengan Mudah

Dibawah ini kami akan membagikan tips dan cara yang bisa kalian terapkan sendiri. Pasalnya ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mempercepat koneksi internet wifi, sebaiknya silahkan simak ulasannya sebagai berikut.

1. Ganti Server DNS

Domain Name System merupakan standar teknologi internet dan banyak sekali menyimpan alamat IP di internet. Seperti data IP situs google.com, facebook.com, dan masih banyak lagi yang bisa disimpan kedalam DNS ini. Jika DNS lemot, dan mengakibatkan beberapa aktivitas berselancar melambat misalnya browing dan lainnya. Sebaiknya untuk mengganti DNS dengan yang telah di sediakan oleh Google.

2. Batasi Bandwidth

Kalian bisa membatasi bandwidth, dimana sebaiknya gunakan cara manual pada malam hari, melakukan pengunduhan, update dimalam hari ketika orang sedikit mengakses internet. Karena memberikan efek pengaruh yang sangat besar untuk bisa kalian coba. Kalian juga bisa mengaktifkan Quality of Service pada router yang ada di control panel router.

3. Mempercepat WiFi

Penyebab utama jaringan lemot yang banyak dialami oleh pengguna biasanya masalah pada router wifi yang tidak berjalan atau terhubung dengan baik. Silahkan gunakan power cycling router wifi, dengan cara menghubungkan ulang kembali jaringan wifi yaitu dengan mematikan router wifi yang kalian gunakan.

4. Menggunakan VPN

VPN sangat berguna untuk kalian gunakan mempercepat koneksi jaringan wifi. Jadi, kalian bisa memanfaatkan beberapa aplikasi VPN yang tersedia di google playstore atau di Microsoft Store bagi pengguna PC dan sebagainya. Namun pada versi gratisan, masih sedikit lambat berbeda dengan versi premium yang akan memberikan hasil lebih maksimal.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet dan Wifi yang bisa kalian mencobanya sendiri, hanya dengan mengikuti beberapa cara yang telah kami share diatas. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih.