Cara Mudah Membuat SIM Baru

  • 2 min read
  • Jul 16, 2021
Membuat SIM Baru

Apabila kamu belum mempunyai SIM, maka kamu tidak bisa mengikuti perpanjangan di SIM keliling berikut untuk cara dan syarat yang harus dijalani untuk membuat SIM baru diantaranya adalah.

  1. Isi Formulir Pendaftaran

Langkah pertama kamu harus ambil formulir di tempat pendaftaran dan kemudian akan dikenakan sebuah biaya administrasi yakni sebesar Rp 20.000,-. Kemudian mengisi formulir tersebut dan jika sudah serahkan ke petugas di loket yang telah disediakan.

  1. Melakukan Tes Kesehatan

Kemudian, selanjutnya nama kamu akan dipanggil untuk mengikuti tes kesehatan, misalnya seperti tes tensi darah, lalu tes mata, dan juga lain-lain. Apabila kamu sudah selesai, maka petugas akan mengarahkan kamu untuk menuju gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM atau di Satpas supaya melanjutkan untuk melakukan tahap selanjutnya.

  1. Bayar Biaya Pembuatan SIM

Jika sudah, maka kamu harus membayar biaya administrasi pembuatan SIM yakni di Bank BRI yang berada di dalam gedung pembuatan SIM tersebut.

  1. Ujian Teori/Tertulis

Untuk tahap selanjutnya yakni melakukan ujian teori. Sehingga kamu akan diberikan beberapa soal pilihan ganda dan juga harus diisi yakni sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Jika hasilnya tidak lulus, maka kamu diberikan kesempatan untuk mengulang ujian teori ini. Akan tetapi, tidak pada hari itu juga, namun kamu harus menunggu sekitar 2 minggu kedepan lagi untuk bisa melanjutkan ujian lagi. Namun apabila kamu lulus ujian teori, maka tahap pembuatan SIM akan dilanjutkan ke ujian praktiknya.

  1. Melakukan Ujian Praktik

Ketika melakukan ujian ini, maka kamu akan langsung praktik berkendara sesuai dengan pengajuan SIM yang dibuat. Apabila kamu ingin membuat SIM C, maka kamu akan diuji mengendarai motor, ataupun SIM A yang diuji saat berkendara dengan mobil sesuai dengan trek yang telah ditentukan oleh pihak kepolisian. Hal ini juga sama dengan ujian teori, yakni kamu juga diberikan kesempatan mengulang bila tidak lulus.

  1. Melakukan Foto SIM

Jika kamu sudah lulus dari ujian-ujian tersebut, maka selanjutnya kamu akan diarahkan menuju ke tempat foto SIM kamu. Namun harus mengantri terlebih dahulu untuk menunggu giliran sesi foto, dan sekaligus melengkapi tanda tangan dan juga sidik jari yang dilakukan secara digital.

  1. Mengambil SIM

Langkah terakhir kamu harus menunggu nama kamu dipanggil oleh petugas untuk pengambilan kartu SIM dan selesai untuk masa berlaku SIM tersebut sampai 5 tahun dan kemudian harus diperpanjang lagi untuk mengaktifkan kembali kamu bisa lihat jadwal SIM keliling jika memang SIM kamu sudah mati.