Dalam dunia instalasi pipa tentu saja sambungan pipa bukan menjadi hal yang asing, bahkan sangat penting dan dibutuhkan dalam melakukan instalasi pipa. Pada sistem instalasi perpipaan sambungan pipa juga memiliki berbagai macam jenis dan juga bentuk serta ukuran. Untuk masalah jenis dan bentuk tidak akan saya bahas disini, sebab sudah saya bahas kemarin mengenai jenis-jenis sambungan pipa. Yang akan saya bahas disini adalah mengenai fungsi dari sambungan pipa. Apa sih kegunaan dari sambungan pipa dalam proses instalasi?

Fungsi Sambungan Pipa

Sesuai dengan namanya sambungan pipa tentu saja bertujuan untuk menyambung atau menghubungkan dua buah pipa menjadi satu untuk mengalirkan aliran air. Namun fungsi dari sambungan pipa bukan hanya sekedar untuk menghubungkan dua pipa menjadi satu loh, berikut adalah beberapa fungsi sambungan pipa.

1. Untuk Menghentikan Aliran Air

Selain untuk menghubungkan atau menyambungkan dua pipa, sambungan pada pipa juga berfungsi untuk menghentikan aliran air pada pipa. Biasanya sambungan yang dipakai untuk menghentikan aliran air ini adalah sambungan Cap. Dimana biasanya ditemple pada bagian pipa utama sebagai penutup aliran air yang bisa dibongkar pasang.

2. Untuk Membelokkan Aliran Air

Sambungan pada pipa juga berfungsi sebagai media pembelok aliran air. Jadi tidak selamanya aliran air akan mengalir lurus. Tentu saja terkadang aliran air juga harus berbelok tergantung medan dan juga kondisi bangunan.

3. Untuk Membagi Aliran Air

Berikutnya fungsi dari sambungan pipa adalah untuk membagi aliran air. Terkadang kita juga ingin membagi aliran air pada pipa agar lebih efektif bisa mengalirkan ke semua tempat. Misalnya saja air diambil dari satu keran, kemudian akan dialirkan menuju ke bak mandi dan juga tempat cuci piring, nah tentu saja dibutuhkan sambungan pipa untuk membagi aliran air tersebut.

Nah itulah beberapa fungsi dari sambungan pipa yang ada di sekitar kita. Ternyata bukan hanya untuk menghubungkan atau mennyambungkan dua pipa saja ya? Semoga bermanfaat.