Hari Belanja Online Nasional tahun 2019 ini menjadi awal dari hari besar para penjual dan pembeli online Nusantara. Ini adalah ajang nasional pertama kali yang diadakan tepat ditanggal cantik, yaitu tanggal 12 bulan 12 di tahun ini. Seperti diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu pengguna internet yang massive. Tidak perlu diragukan lagi soal kesukaan mereka berkunjung atau mendiami dunia maya selama beberapa jam setiap harinya. Dengan adanya dunia maya, dunia baru yang lebih luas namun lebih mudah berkomunikasi antar pengunjung, pertukaran informasi, bisnis, dan lainnya sangat berkembang dengan pesat. Tidak perlu menggunakan mobil atau pesawat yang mahal biayanya agar komunikasi terjalin dengan lancar. Kemudahan yang sangat nyaman ini membuat para pedagang atau pebisnis offline mulai beralih ke bisnis online dengan membuat toko online yang bisa dibilang sangat murah sewa tempatnya daripada sewa ruko atau stand di mall dengan harga puluhan bahkan ratusan juta perbulannya. Semakin berkembangnya minat penjual menjual produknya secara online Indonesia, maka tercetuslah ide mendeklarasikan hari besar para pebisnis online menjadi Hari Belanja Online Nasional di tahun ini. Dengan adanya Harbolnas 1212 ini, diharapkan kegiatan jual beli online atau bisnis secara online bisa lebih marak dan bersemangat di masa depan dan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia secara merata.

Harbolnas 1212

Ajang bergengsi untuk penjual dan pembeli online

Ajang bergengsi ini sejatinya milik para penjual online dan pembeli online di Indonesia. Masyarakat Indonesia yang berada di luar Indonesia masih dapat mengkuti acara ini karena internet tidak dibatasi oleh negara atau regional meskipun kemampuan pengiriman barang yang dibeli oleh pengunjung dari luar negeri Indonesia bisa terbatas. Perayaan ini sebagai bukti apresiasi Pemerintah Indonesia terhadap pejuang ekonomi online yang ikut andil dalam meningkatkan perekonomian Indonesia dari tingkat usaha kecil hingga besar. Harbolnas yang ditetapkan pada tanggal 12 Desember ini tidak menutup kemungkinan memiliki interval perayaan yang lebih panjang, selama satu bulan di Desember. Apresiasi dari pemerintah semata-mata bukan lah timbul dengan sendirinya. Pengajuan hari besar untuk para pejuang online ini timbul dari beberapa aktivis pebisnis online yang memperjuangkan penetapan ulang tahun para pebisnis online. Dengan perjuangan yang begitu keras dan konsisten, pemerintah memberikan respon yang baik terhadap usulan dari masyarakat Indonesia. Alhasil, pemerintah mengumumkan penetapan Hari Belanja Online Nasional dan disambut dengan sangat antusias dan gembira oleh para netizen di Indonesia. Penyambutan sangat hangat ini tidak hanya dilakukan oleh para penjual online, namun juga oleh para pembeli online yang sangat gemar membeli secara online daripada membeli dengan cara offline seperti ke toko-toko atau mall.

Durasi harbolnas

Hari Belanja Online Nasional yang diadak di Bulan Desember ini akan berlangsung selama sebulan penuh. Tanggal keramat untuk para penjual dan pembeli online berada di tanggal 12, yang mana merupakan tanggal yang sama dengan bulan terakhir, Desember. Ada beberapa faktor yang menambah keseruan dari perayaan Harbolnas ini. Hal itu adalah perayaan Natal yang biasanya dibarengi dengan diskon besar-besaran di mall-mall Indonesia. Dengan adanya perayaan selain Harbolnas, perang diskon antara toko offline dan toko online akan semakin seru dan menarik. Durasi promo dan diskon oleh toko online biasanya disiasati oleh para penjual online dengan menawarkan diskon yang berbeda dan produk yang diberi label promo pun tidak sama setiap minggunya. Tidak peduli tua muda, perempuan, laki-laki, semuanya pasti menunggu barang-barang diincarnya diberi label diskon atau promo di bulan Harbolnas ini. Penjual online yang sudah memiliki jam terbang tinggi atau yang sudah menjalani bisnis ini selama bertahun-tahun pasti mengetahui produk-produk apa yang memiliki penggemar terbanyak dan paling sedikit. Pada awal bulan, produk-produk yang tidak banyak diminati oleh pembeli akan ditawarkan terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, produk-produk yang cukup dicari oleh banyak orang mulai dikeluarkan dan diberi diskon oleh penjual online. Tidak ayal, produk-produk yang menarik ini lebih laku meski diskon yang ditawarkan tidak sebesar produk-produk awal.

Stakeholder yang mengikuti acara harbolnas

Di era modern ini, masyarakat Indonesia yang tinggal di kota maupun di desa sudah semakin banyak yang melek akan internet dan dunia maya. Pendidikan yang semakin maju dan berkembang di daerah-daerah perkotaan maupun di pelosok menjadi salah satu faktor tumbuhnya wawasan diri akan teknologi dan informasi. Merayakan Harbolnas sedikit berbeda dengan merayakan hari besar besar lainnya. Hari besar lainnya hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu yang merayakannya. Harbolnas selalu dirayakan oleh semua orang di Indonesia, bahkan di luar negeri sekalipun. Bagaimana hal ini bisa terjadi, sangat bisa karena yang merayakan tidak perlu harus menganut paham atau golongan tertentu. Selama individu tersebut memiliki kepercayaan terhadap penjual online di internet, maka para konsumen ini akan ikut merayakan Harbolnas dimanapun dia berada. Meskipun penjual online berasal dari pulau Kalimantan, atau Sumatera, pembeli yang ikut merayakan dapat berada di Sulawesi atau pulau Jawa. Ini adalah salah satu bukti bahwa perayaan belanja online nasional dapat diikuti oleh semua orang dari segala lokasi, umur, ataupun suku bangsa Indonesia. Disinilah bhineka tunggal ika sudah terjalin dan dipupuk lebih dalam untuk mempertahankan kesatuan dan kesatuan bangsa. Selama penjual memiliki respon yang baik terhadap pelanggannya, niscaya pelanggan tidak akan memperdulikan asal dari penjual dan memberikan kepercayaan kepada penjual sehingga pembeli tidak takut untuk membeli dari penjual tersebut.

Penutup

Hari Belanja Online Nasional yang diselenggarakan di bulan yang indah ini sepertinya menjadi awal yang ramai dibicarakan oleh para netizen Indonesia. Perayaan yang diikuti oleh penjual dan pembeli online ini memiliki tujuan masing-masing. Di tahun-tahun yang akan datang, Harbolnas diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas. Harbolnas ini memang tidak lain dan tidak bukan untuk masyarakat Indonesia itu sendiri yang semakin gemar menggunakan layanan internet untuk berbisnis secara online. Jika pengguna internet semakin tinggi dan semakin banyak, maka pertumbuhan perusahaan yang berjalan di bidang teknologi informasi bisa dipastikan semakin berkembang juga guna mengiringi keinginan pasar. Pemerintah menilai bahwa Harbolnas memberikan dampak sangat positif bagi setiap insan negeri ini, baik untuk masyarakat, pengusaha, maupun pemerintah itu sendiri. Teknologi yang semakin canggih ini juga ikut andil dalam membantu meningkatkan pergerakan ekonomi mikro maupun makro negara ini. Saat ini pemerintah menggodok dan mengkaji peraturan-peraturan untuk para pengusaha online agar perdagangan online di Indonesia dapat dikontrol, dan diawasi. Dengan begitu, penjualan secara online yang dapat merugikan para produsen dapat semakin ditekan dan dikurangi. Mari semua majukan dan berpartisipasi dalam perayaan Hari besar para netizen Indonesia.