Tumbuhnya jaringan seperti endometrium yang terjadi di luar rahim dikenal juga sebagai endometriosis, kondisi yang satu ini memang tidak begitu membahayakan. Namun sering kali menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit, seperti diantaranya adalah nyeri berlebihan ketika sedang haid sampai dengan merusak siklus menstruasi menjadi tidak normal. Khusus untuk wanita yang sedang dalam masa produktif tentunya wajib diwaspadai, karena bagaimanapun sangat mungkin hal ini bisa menyebabkan ketidaksuburan.

Untuk itulah jika sudah mulai terasa gejala-gejalanya, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk segera melakukan tindakan pemeriksaan dan juga pengobatan. Alternatif pengobatan yang ditawarkan sendiri sangatlah banyak, termasuk dengan obat-obatan medis dan juga obat herbal endometriosis. Bahkan sebenarnya Anda sendiri bisa menemukan bahan-bahan untuk mengatasi endometriosis tersebut di rumah. Salah satu diantarnya adalah dengan kunyit. Pasti tidak asing lagi dengan jenis rimpang yang satu ini bukan.

Kunyit ini sendiri mengandung senyawa bernama kurkumin, kurkumin ini memiliki sifat anti peradangan yang nantinya dapat membantu untuk mengobati endometriosis. Cara pakainya juga tergolong mudah, yaitu cukup dengan menggunakan bubuk kunyit yang ditambahkan kedalam air panas dan juga madu hingga jahe, kemudian dikonsumsi secara teratur. Selain dapat mengatasi endometriosis ini ternyata ada banyak sekali manfaat dari kunyit itu sendiri, diantaranya adalah:

  1. Dapat meredakan peradangan, zat kurkumin yang ada di dalam kunyit ini juga berperan sebagai antioksidan. Ia dapat digunakan sebagai anti radang juga. Sehingga nantinya dapat memblokir kinerja dari sitokin dan juga enzim yang dapat menyebabkan terjadinya inflamasi. Ia dapat mengatasi beragam jenis penyakit yang disebabkan oleh peradangan, termasuk diantaranya adalah kanker. Penyakit kardiovaskuler sampai dengan radang sendi.
  2. Bisa mengobati maag, bagi Anda yang memiliki masalah dengan maag maka bisa mengandalkan kunyit ini sebagai pengobatan herbal. Ketika sudah mulai dirasakan gejala maag yang kambuh, maka nantinya Anda bisa menyeduh kunyit dengan air hangat dan juga madu, karena kurkumin ini dapat melindungi perut dari iritan-iritan dan juga meningkatkan produksi lendir yang ada di lapisan dinding lambung.
  3. Dapat mengatasi perut kembung, jika seandainya Anda merasakan kembung atau tidak bisa buang angin, maka harus berhati-hati karena bisa jadi ini adalah gejala dari penyakit. Adanya senyawa kurkumin ini berperan di dalam membuat otot pencernaan terus bergerak, sehingga dapat mengurangi tekanan gas yang ada di dalam perut. Membantu untuk menghentikan produksi asam lambung berlebih di dalam tubuh.
  4. Mengurangi rasa mual, dengan tambahan bubuk lada hitam, ternyata kunyit ini sangat bermanfaat di dalam meredakan rasa mual. Karena memang kandungan piperin yang ada di dalam lada hitam ini dapat meningkatkan penyerapan kurkumin sampai dengan 2000 persen lebih cepat dibandingkan dengan biasa.
  5. Redakan nyeri haid, rasa sakit saat datang bulan sering kali dialami oleh wanita, bahkan ada yang sampai tidak tertahankan, apalagi jika seandainya mengalami kasus endometriosis. Kunyit ini sering kali diaplikasikan dalam produk jamu yang berguna di dalam meredakan nyeri datang bulan.

Begitu banyak bukan manfaatnya, apalagi pada dasarnya kurkumin ini sendiri juga bisa dengan mudah Anda jumpai. Bisa digunakan sebagai obat herbal endometriosis atau mengatasi beberapa kondisi di atas. Pemakaiannya juga sangat mudah tinggal diseduh saja atau jika ingin rasanya enak ditambah dengan madu dan dikonsumsi.