Jasa Press Release: Tips dan Trik Penulisan yang Baik dan Benar

  • 2 min read
  • Jan 15, 2021
Jasa Press Release

Banyak yang memilih untuk memanfaatkan jasa press release yang ada untuk membuat siaran pers yang menarik sehingga produk dari perusahaan Anda dapat dikenal oleh publik. Namun, sebenarnya bisa saja Anda membuatnya sendiri dengan memahami kaidah penulisan siaran pers yang baik dan benar. Dengan begitu, Anda bisa sedikit menghemat pengeluaran untuk membuat siaran pers dengan memanfaatkan jasa pembuatan siaran pers tersebut.

Berbeda halnya dengan membuat sebuah cerita, press release memiliki teknik penulisan tersendiri. Dengan mengikuti kaidah penulisan press release yang baik dan benar maka akan sangat mungkin bila siaran pers Anda akan dilirik oleh pihak media massa untuk diterbitkan.

Tips dan Trik Penulisan Press Release dengan Baik dan Benar

Karena memiliki teknik tersendiri dalam penulisannya maka berikut beberapa tips dan trik dalam menulis press release dengan baik dan benar.

  1. Pikirkan dan Temukan Inti dari Berita atau Pesan Dasar

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika hendak menulis press release adalah menemukan inti dari berita atau pesan dasar yang hendak disampaikan kepada publik. Sederhananya, tentukan topik yang jelas sebelum menulis informasi secara lebih lanjut. Setelah mendapatkan inti dari beritanya, selanjutnya Anda bisa beranjak ke judul dengan membuatnya seunik dan semenarik mungkin sehingga banyak yang akan tertarik untuk membacanya. Selain judul, tetapkan juga subjudul dari masing-masing pembahasan.

  1. Gunakan Piramida Terbalik

Setelah Anda sukses menentukan tema, judul, dan subjudul maka selanjutnya Anda harus menggunakan metode piramida terbalik. Khusus jasa press release, Anda bisa memulai awal konten setelah judul dan subjudul dengan lead. Anda wajib menyusunnya dengan merangkai kata per kata hingga membentuk paragraf yang menerangkan isi dari keseluruhan press release tersebut. Menarik atau tidaknya sebuah press release tergantung pada bagian lead.

  1. Gunakan 5W+1H

Kebanyakan jasa press release juga menggunakan unsur 5W+1H di dalamnya. Sama halnya seperti penyampaian berita, press release juga sebaiknya menggunakan unsur 5W+1H di dalam menyampaikan informasi. Meski tidak diwajibkan, setidaknya Anda bisa memodifikasinya dengan memasukkan beberapa unsur 5W+1H ke dalam press release Anda.

  1. Ilustrasi Menarik

Pemakaian ilustrasi yang menarik tentu bertujuan untuk meningkatkan rasa penasaran publik sehingga mau untuk membaca press release yang sudah Anda buat. Dengan adanya ilustrasi tersebut, setidaknya publik mendapatkan gambaran mengenai garis besar isi press release Anda.

  1. Lakukan Cek Ulang, Konfirmasi, dan Pengiriman Berita

Pengecekan ulang press release sangat penting untuk meminimalisir kesalahan. Anda juga harus menyertakan kontak yang dapat dihubungi sewaktu-waktu agar pihak media mudah menghubungi Anda. Setelah itu, jangan menunda mengirimkan press release Anda ke media setelah memastikan semuanya siap untuk diterbitkan.

Setelah mengetahui semua hal tentang tips dan trik menulis bagi jasa press release yang baik dan benar maka kini Anda bisa mulai untuk mencobanya di rumah. Setelah jadi, jangan lupa untuk segera mengirimkannya ke media agar bisa ditelaah dan apabila cocok maka pihak media akan segera memberi kabar untuk menerbitkan press release karya Anda.

Memang, akan lebih mudah jika memanfaatkan jasa press release ketika hendak membuat siaran pers yang menarik. Namun, akan sangat menyenangkan apabila Anda membuatnya sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa melatih kreativitas Anda dalam bidang kepenulisan sehingga kemampuan Anda akan semakin terasah lagi. Siapa tahu hasil karya Anda bisa muncul di media massa terkenal.