Kenali Jenis-jenis Vitamin Beserta Manfaatnya

  • 2 min read
  • Feb 25, 2020
Jenis-jenis Vitamin Beserta Manfaatnya

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah vitamin kan? Tapi yang menjadi pertanyaannya, apa sih yang dimaksud dengan vitamin itu? Perlu kalian ketahui, vitamin ini merupakan senyawa organic amina yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena fungsinya yang dapat membantu pengaturan atau proses aktivitas tubuh. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai jenis-jenis vitamin dan manfaatnya, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini :

* Vitamin A

Kebanyakan dari kita pasti sudah mengetahui tentang manfaat vitamin A, yang bagus untuk kesehatan mata. Padahal, vitamin A ini juga masih memiliki manfaat lainnya, seperti mengobati infeksi saluran pernafasan, meningkatkan system kekebalan tubuh, hingga memelihara kesehatan kulit. Vitamin A ini bisa kalian jumpai pada beragam jenis makanan seperti wortel, brokoli, bayam, labu, buah pepaya, buah anggur, buah pisang, dan buah apel.

* Vitamin B1

Vitamin B1 ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti dapat memelihara kesehatan jantung, kesehatan mata, bagus untuk kulit, hingga meningkatkan system kekebalan tubuh. Adapun mengenai beragam jenis makanan yang kaya kandungan vitamin B1 seperti kacang hijau, susu, yoghurt, keju, beras, telur, daging merah, dan gandum.

* Vitamin B2

Dari segi manfaanya, vitamin B2 ini memang tidak berbeda jauh dengan vitamin B1 tadi. Ya, vitamin B2 dapat meningkatkan daya tahan tubuh, bagus untuk kulit, mengobati peradangan, dan lain sebagainya. Vitamin B2 tersebut bisa kamu dapatkan pada telur, jamur, kacang almond, buah alpukat, keju, yoghurt, susu, kacang kedelai, dan sayuran berdaun hijau.

* Vitamin B3

Vitamin B3 bersumber dari berbagai jenis makanan seperti biji bunga matahari, buah-buahan, ragi, daging ikan, daging unggas, kentang, ubi, hati hewan, dan sebagainya. Adapun mengenai manfaat vitamin B3 untuk kesehatan tubuh, seperti meningkatkan selera makan, meningkatkan mood menjadi lebih baik, mengobati diare, hingga mencegah kepikunan.

* Vitamin B5

Dampak buruk yang akan kita dapatkan jika kekurangan vitamin B5, yakni otot menjadi mudah kram, susah tidur (insomnia), hingga menyebabkan berbagai masalah kulit. Apabila kamu tidak ingin mengalaminya, tentu saja kamu wajib memenuhi asupan vitamin B5 yang terdapat pada daging sapi, daging ayam, susu, keju, yoghurt, kacang ijo, dan sayuran berdaun hijau.

* Vitamin B6

Vitamin B6 ini dapat kamu temui pada beras, hati hewan, daging ikan, kacang-kacangan, jagung, dan daging unggas. Mengenai manfaatnya, vitamin B6 ini mampu memelihara kesehatan kulit, bagus untuk otot, mengatasi insomnia, dan masih banyak lagi dampak positifnya.

* Vitamin B12

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang menderita anemia atau kekurangan daah merah? Jika iya, maka kamu wajib memenuhi asupan vitamin B12. Selain dapat membantu pembentuk sel darah merah, ternyata vitamin B12 ini juga dapat memelihara kesehatan kulit lho. Vitamin tersebut bisa kamu temui pada susu, keju, kacang kedelai, jamu, daging merah, dan telur.

* Vitamin Lainnya

– Vitamin C : berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

– Vitamin D : dapat memelihara kesehatan jantung, bagus untuk otot, dan memelihara kesehatan gigi.

– Vitamin E : bagus untuk perkembangan syaraf dan otot.

– Vitamin K : membantu proses penyembuhan luka.

Seperti itulah beragam jenis vitamin beserta manfaatnya. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan banyak vitamin hanya dalam 1 produk, hal itu bisa kamu dapatkan pada Blackmores Multivitamins.