Ketahui 5 Hal Sebabkan Flek Saat Hamil Muda

  • 2 min read
  • Jan 11, 2021
Flek Saat Hamil Muda

Sebagian wanita menjalani kehamilan dengan baik hingga hari melahirkan tiba, namun ada pula yang mengalami masalah sejak trimester pertama. Selain masalah umum morning sickness, awal kehamilan yang ditandai dengan flek menimbulkan pertanyaan di benak para wanita. Bahkan, banyak wanita yang masih bingung membedakan flek haid atau tanda awal kehamilan. Jika Anda mengalami flek saat hamil, jangan buru-buru panik lebih dulu. Ketahui penyebab seseorang mengalami flek pada trimester pertama berikut.

Penyebab flek saat hamil muda yang perlu diketahui

Wanita yang memiliki riwayat keguguran sebelumnya, pasti khawatir apabila mengalami flek. Apalagi Anda mengupayakan kehamilan dengan susah payah, konsultasi ke dokter menjadi solusi paling aman. Ada 5 penyebab wanita alami flek saat hamil muda yaitu :

1.              Melakukan hubungan intim

Bisa saja seseorang tidak sadar mengalami kehamilan pada awal trimester pertama, apalagi wanita yang memiliki siklus menstruasi lebih panjang atau tidak teratur. Hubungan intim dengan pasangan bisa menyebabkan flek karena dinding vagina mengalami iritasi. Konsultasi dengan dokter terkait posisi hubungan intim yang aman selama trimester pertama yang rentan keguguran, ya!

2.              Pemeriksaan USG transvaginal

Pemeriksaan medis ini bisa menyebabkan flek sehingga perlu lakukan konsultasi  ke dokter kandungan untuk mengetahui risikonya lebih dulu.

3.              Proses implantasi

Penyebab flek yang muncul pada trimester pertama bisa disebabkan oleh proses penempelan janin ke dinding rahim sang ibu. Anda tidak perlu khawatir bila mengalami flek pada beberapa hari awal kehamilan, ya! Implantasi merupakan bukti bahwa janin Anda tengah berkembang dengan baik.

4.              Polip

Ada beberapa kasus wanita yang memiliki polip atau jaringan abnormal yang muncul di serviks atau lapisan endometrium. Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila darah yang muncul lebih banyak. Meski banyak kasus polip bersifat jinak, tetapi flek yang keluar lebih banyak bisa memicu nyeri atau berdampak buruk pada kehamilan Anda.

5.              Iritasi pada serviks

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan flek sejak awal kehamilan adalah iritasi pada serviks. Meski serviks berada jauh dari vagina, tetapi iritasi bisa memicu keluarnya darah yang mengkhawatirkan. Pemeriksaan rutin setiap bulan pada rangkaian trimester kehamilan bisa meminimalisir risiko buruk yang mungkin terjadi. Meski ada kasus iritasi serviks yang terbilang ringan dan tidak membahayakan, tetapi calon mama harus tetap memperhatikan detail kecil demi keselamatan buah hati tercinta.

Beberapa penyebab flek saat hamil yang acap terjadi pada mayoritas wanita bisa menjadi referensi calon mama. Rutin melakukan pemeriksaan dini bisa mencegah risiko pendarahan atau keguguran yang tidak diinginkan. Anda pasti mengharapkan buah hati tumbuh dengan baik dan bisa lahir ke dunia secara sempurna, bukan? Tak sabar ingin belanja di toko online perlengkapan bayi, yuk jaga kehamilan Anda sejak dini!