Liburan menjadi hal yang paling tidak bisa dihindari jika kepala mulai merasa penat oleh aktivitas sehari-hari. Kamu juga tentunya akan memilih untuk merencanakan pergi liburan, kan? Setidaknya, setelah break sejenak dari aktivitas yang melelahkan, maka kamu bisa memulai hari di minggu berikutnya dengan lebih menyenangkan.

Sekarang ini, tempat-tempat wisata instagramable mulai menjadi incaran para wisatawan berbagai kalangan. Hal ini tentunya membuat semakin menjamur tempat wisata instagramable yang berada di seluruh penjuru kota.

Namun, tetap ada sejumlah tempat wisata yang tak lekang oleh waktu dan tetap menjadi kegemaran para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Seperti Candi Borobudur misalnya.

Keindahan dan kearifan lokalnya tidak hanya terasa di area Candi Borobudur nya saja, tetapi juga menyebar ke seluruh penjuru Kota Yogyakarta. Itu lah yang menjadi salah satu faktor Kota Gudeg ini selalu menjadi destinasi wisata untuk escape dari hiruk pikuk kehidupan di ibu kota.

Wisata Seru Sekaligus Mengenal Sejarah Indonesia

Indonesia punya banyak banget tempat wisata yang juga menyinggung soal sejarah. Seperti Candi Borobudur yang berada di Yogyakarta ini. Rasanya memang tidak lengkap kalau ke Jogja, tanpa mampir ke situs bersejarah kebanggan Indonesia ini.

Kamu tentu tau kan, kalau Candi Borobudur termasuk dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia? Wah, sebagai Warga Negara Indonesia, kita patut berbangga banget deh akan hal ini.

Nah, untuk kamu yang belum pernah berwisata ke Candi Borobudur sebelumnya, tentu kamu membutuhkan banyak informasi dong ya? Seperti tiket masuk Borobudur, hal apa yang bisa kamu lakukan di sana, dan lain sebagainya. Kalau begitu, simak ulasan ini ya!

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Belum pernah ke Candi Borobudur? Tentu harga tiket masuk wisata Candi Borobudur menjadi hal yang wajib banget kamu ketahui. Bukan hanya itu, kamu juga perlu tau zona-zona apa saja yang ada di sana. Harga tiket masuk Candi Borobudur terbilang ekonomis, yaitu hanya sekitar Rp40.000 untuk orang dewasa, dan Rp20.000 untuk pelajar atau anak-anak.

Sedangkan zona yang bisa kamu kunjungi untuk liburan sambil belajar ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Zona Kamadhatu

Di zona ini, kamu bisa melihat relief yang mencerminkan beberapa persoalan yang memang terjadi di zaman ini. Mulai dari pembunuhan, perampokan, penyiksaan, hingga tindakan asusila pemerkosaan. Di 160 relief yang terdapat pada zona ini, kamu akan menemukan relief yang menjelaskan tentang hukum sebab akibat atau Karmawibhangga Sutra.

  1. Zona Rupadhatu

Zona Rupadhatu akan membawa kamu pada 328 patung Buddha yang dihiasi relief pada ukirannya. Makna berbeda akan kamu dapatkan di masing-masing zona nya. Jika Kamadhatu memberikan penjelasan mengenai hukum sebab akibat, maka Rupadhatu memiliki makna yang berbeda lagi.

Zona ini menjelaskan mengenai masa peralihan umat manusia, yang mana manusia mulai dibebaskan dari urusan dunia. Ada sekitar 1300 relief di zona ini yang bisa kamu lihat-lihat.

  1. Zona Arupadhatu

Zona terakhir yaitu adalah Zona Arupadhatu. Zona ini menjadi zona tertinggi dan paling sakral. Arupadhatu sendiri memiliki arti alam tertinggi, atau rumah Tuhan. Di zona ini, kamu tidak lagi menemukan relief-relief seperti pada zona lainnya.

Melainkan, kamu akan menemukan tiga buah serambi yang berbentuk lingkaran dan mengara ke kubah. Hal ini memiliki filosofi sebagai kebangkitan dari dunia. Kamu juga akan menemukan sebanyak 72 stupa yang berbentuk seperti lonceng, dan juga juga patung Buddha.

Di ketiga zona ini, kamu bisa belajar mengenai sejarah sekaligus berfoto-foto kok. Dijamin, liburan kamu di Candi Borobudur ini nggak kalah menyenangkannya kok dengan tempat wisata lainnya.