Manfaat Load Bank untuk Operasional Industri yang Perlu Kamu Tahu

  • 1 min read
  • Nov 02, 2020
Load Bank

Sebagian besar dari kita mungkin sudah tahu alat yang bernama genset atau generator set. Alat yang berfungsi untuk menambah daya listrik sebagai cadangan aliran listrik tersebut menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya bagi perusahaan-perusahaan besar. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa di setiap gedung perusahaan membutuhkan daya pemasok listrik yang tinggi. Dengan begitu, maka otomatis perusahaan akan membutuhkan genset untuk menangani masalah listrik. Selain itu, genset juga berguna bagi perusahaan jika sewaktu-waktu terjadi mati listrik.

Nah, sebenarnya selain genset, perusahaan juga harus membutuhkan load bank untuk menjaga kestabilan listrik. Penggunaan load bank sangat dibutuhkan agar listrik tetap mengalir. Load bank adalah perangkat yang digunakan untuk mengembangkan beban listrik sehingga beban operasional yang dibutuhkan industri dapat dikelola secara efisien dan dikontrol melalui sistem. Dengan keadaan seperti itu, maka perusahaan membutuhkan load bank berkualitas untuk menjaga kestabilan listrik di gedung.

Berikut ada beberapa manfaat load bank untuk operasional industri:

  1. Memindahkan beban kinerja generator

Jika crane dioperasikan dengan menggunakan generator, maka kemungkinan besar generator akan mengalami overspeed karena beban yang berukuran besar akan menyebabkan hilangnya beban kejut secara mendadak. Test load bisa mengatasi hal tersebut dengan menguji beban crane dan mencegah terganggunya kestabilan generator yang sedang beroperasi.

  1. Mengetes mesin diesel dan turbin

Load bank juga dibutuhkan untuk test load genset dan turbin. Selain itu, load bank juga digunakan untuk mengukur kesesuaian spesifikasi mesil diesel dengan kapasitas yang sesungguhnya.’

  1. Menguji sistem UPS dan baterai

Uninterruptible Power Supply atau UPS sangat penting untuk mencegah kerusakan sistem mesin dalam sektor industri. Maka dari itu, sistem UPS dan baterai wajib diuji secara berkala dengan menggunakan load bank.

Sewatama menyediakan load bank dengan kualitas yang tinggi serta performa yang apik untuk digunakan oleh penggunanya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya https://sewatama.com/id/.