Pastinya kita sebagai manusia berharap tampil dengan sempurna, apalagi ketika menjadi orang tua yang memiliki harapan besar untuk sang anak lahir secara normal. Salah satu cara untuk mengetahui bibir sumbing pada sang bayi, kita bisa lakukan pemeriksaan USG kehamilan pada minggu ke 18 hingga minggu ke 21 kehamilan. Akan tetapi, jika tidak terdeteksi oleh pemeriksaan USG yang dilakukan dokter tersebut. Kita bisa lihat ketika bayi lahir melalui fisiknya pada 72 jam pertama.satu-satunya cara untuk mengatasi bibir sumbing adalah dengan dilakukannya pembedahan. Supaya bibir bisa kembali dengan normal dan tampil pada umumnya. Berikut beberapa prosedur jika kita ingin melakukan pemedahan pada bibir sumbing:

  • Operasi bibir sumbing

Dokter akan melakukan sayatan pada kedua sisi bibir, agar lipatan jaringan bisa disatukan melalui cara dijahit. Hal ini yang biasa dilakukan para dokter untuk menutup celah pada bibir sumbing tersebut. Akan tetapi dalam melakukan operasi ini ada beberapa poin yang harus kita perhatikan diantaranya usia 10 minggu-1 tahun. Bila perlu operasi pada hidung juga bisa dilakukan langsung bersamaan saat itu juga.

  • Operasi langit-langit

Operasi ini akan dilakukan berulang kali untuk menutup celah dan memperbaiki langit-langit mulut, dilakukannya sayatan pada kedua sisi celah dan kembali menata ulang posisi jaringan atau otot lagit-langit mulut, lalu dijahiti. Operasi ini sangat disarankan pada usia 6-18 bulaan, untuk operasi lanjutan pada langit-langit sumbing bisa dilakukan pada usia 8-12 tahun. Operasi lanjutan ini seperti pencangkokan tulang pada langit-langit agar struktur rahang atas dan artikulasi bicara dapat mendukung dengan mudah.

  • Operasi pemasangan tabung telinga

Tindakan yang pas untuk mengurangi resiko terhadap penurunan dalam segi pendengaran adalah dengan cara dilakukannya pemasangan tabung pada telinga. Hal ini juga bisa dilakukan bersamaan dengan operasi bibir sumbing atau operasi langit-langit yang sumbing. Biasanya dilakukan pada anak ketika sudah berusia 6 bulan.

  • Operasi untuk memperbaiki penampilan

Operasi ini adalah salah satu operasi tambahan untuk memperbaiki penampilan mulut, bibir dan hidung. Operasi yang satu ini dapat dilakukan pada usia anak remaja sampai menjelang dewasa, untuk memberikan hasil yang maksimal dalam mengatasi bibir sumbing. Pemantauan terhadap bibir sumbing tersebut dapat dilakukan ketika berusia 21 tahun masa dimana ketika pertumbuhan berhenti.[1]

            “dilansir dari laman Hellosehat” bahwasanya dukungan harus tetap selalu diberikan kepada sang anak khususnya yang memiliki masalah cacat seperti bibir sumbing. Langkah untuk mengatasi bibir sumbing yang terjadi pada anak kita bisa memberikan dukungan dengan berbagai cara diantaranya seperti :

  • Fokus pada sang anak untuk bisa menjadi seseorang yang bisa dibanggakan. Karena, dibalik kekurangannya pasti terdapat kelebihan yang jarang dimiliki oleh orang normal sekalipun. Jangan sesekali kita lihat dari segi fisiknya, sehingga akan berpengaruh pada sang mental anak untuk melakukan aktifitas apapun atau bersosial dengan lingkungannya.
  • Atribut positif harus ditunjukkan pada orang lain yang tidak melibatkan penampilan fisik.
  • Rasa percaya diri harus tetap ada dalam diri sang anak. Bangun komunikasi dengan baik agar sang anak dapat berbicara atau menceritakan tentang kesehariannya sehingga kita dapat memberikan saran atau masukan untuk kehidupannya kedepan, jangan sampai komunikasi tersebut putus sehingga akan menyebabkan resiko sang anak menjadi salah dalam mengambil keputusan.