Mengenal Akuntansi Anggaran dalam Pengelolaan Keuangan

  • Bexi
  • Dec 10, 2022

Ketika bisnis telah merambah dunia digital, perusahaan membutuhkan piranti lunak akuntansi untuk menghitung  anggaran perusahaan. Hal ini diperlukan agar penyusunannya dapat dilakukan secara otomatis sehingga lebih cepat dan mudah. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk mengelola akuntansi anggaran dengan baik dan benar. Sebab, akuntansi anggaran adalah salah satu bagian penting di dalam ilmu akuntansi yang akan digunakan di perusahaan.

Kebutuhan perusahaan akan akuntansi anggaran adalah mutlak karena untuk memantau aktivitas dana pada periode tertentu. Jika perusahaannya besar, perlu menggunakan piranti lunak yang membuat penyusunan menjadi lebih efisien. 

Untuk mengetahuinya lebih lengkap, artikel di bawah ini akan membantu perusahaan untuk memahami pengertian, unsur, hingga manfaat dari akuntansi anggaran. Simak hingga tuntas, ya dari GuruAkuntansi.co.id

Akuntansi Anggaran adalah Pengelolaan Keuangan, Ini Pengertiannya

Jika melihat pengertian di atas, akuntansi anggaran memiliki dua kata yang saling terhubung yaitu akuntansi dan anggaran. Menurut GASB, Hansen dan Mowen (2004), rencana kuantitatif dalam bentuk moneter dan nonmoneter yang digunakan untuk menerjemahkan tujuan dan strategi perusahaan dalam satuan operasional. Sedangkan menurut American Accounting Association, akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi untuk mengadakan penilaian dan keputusan bagi mereka yang menggunakan informasi.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa anggaran adalah perencanaan dan penyusunan keuangan sedangkan akuntansi adalah laporan yang berisi arus dana masuk dan keluar. Jika kedua kata tersebut digabung, akuntansi anggaran adalah ilmu akuntansi yang mengelola perencanaan pengeluaran dan penerimaan mulai dari periode awal hingga akhir. 

Unsur-Unsur Akuntansi Anggaran

Ada beberapa unsur akuntansi anggaran yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. Perencanaan

Hal pertama yang perusahaan harus lakukan adalah melakukan perencanaan. Sebab, tanpa perencanaan yang matang, anggaran tidak terkelola dengan baik. Ada beberapa alasan mengapa perlu melakukan perencanaan seperti menyusun pedoman kerja, antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang, dan piranti koordinasi sekaligus pengawasan keuangan. 

2. Kegiatan Perusahaan

Seluruh aktivitas yang berada di perusahaan sebenarnya merupakan bagian dari akuntansi anggaran mulai dari produksi, administrasi, pemasaran, distribusi hingga promosi. Jadi, semua aktivitas yang berkaitan dengan optimalisasi kinerja adalah bagian dari akuntansi anggaran. 

3. Unit Satuan Moneter

Dalam akuntansi anggaran, semuanya harus terlihat jelas dan detail. Maka dari itu, satuan moneter diperlukan untuk memudahkan aktivitas perusahaan. Sebagai contoh, penggunaan rupiah untuk satuan moneter. Kemudian, jam atau minggu untuk tenaga kerja dan kilogram untuk berat bahan baku.

4. Waktu

Perencanaan waktu merupakan bagian penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan pengelolaan waktu yang tepat, anggaran pun dapat menyesuaikan sehingga aktivitas perusahaan berjalan sesuai rencana. 

Fungsi Akuntansi Anggaran

Ada beberapa fungsi akuntansi anggaran yang perlu perusahaan ketahui yaitu:

a. Perencanaan Aktivitas

Sebelum memulai aktivitas, perusahaan pasti melakukan perencanaan mulai dari timeline produksi, bagaimana cara distribusi, proses pemasaran, hingga sistem transaksi. Maka dari itu, agar hasil sesuai dengan yang diharapkan, perencanaan harus dilakukan dengan matang. 

Dari perencanaan yang matang, aktivitas operasional akan berjalan dengan baik. Karyawan telah memahami apa yang harus dilakukan sehingga pelaksanaan aktivitas akan berjalan dengan efisien. 

b. Meningkatkan Kemampuan Karyawan

Dalam melakukan perencanaan anggaran, perusahaan biasanya melibatkan seluruh karyawan mulai dari pimpinan hingga pekerja. Hal ini menjadi penting agar anggaran dapat digunakan dengan maksimal. Ketika penentuan anggaran melibatkan karyawan maka karyawan terlatih untuk mengambil keputusan. Jika kemampuan karyawan meningkat, kompetensinya akan menjadi lebih baik. 

c. Memantau Kinerja Karyawan

Setelah karyawan ikut merencanakan anggaran maka yang perlu dinantikan adalah bagaimana cara mereka mengimplementasi anggaran tersebut. Apabila terjadi penyelewengan atau tidak sesuai SOP maka perusahaan harus memberikan sanksi tegas kepada karyawan. Namun, jika karyawan melakukan aktivitas dengan pengeluaran anggaran yang sesuai SOP, karyawan berhak mendapatkan reward.

Manfaat Akuntansi Anggara

Setelah mengetahui fungsi dan unsur maka perusahaan perlu mengetahui manfaat dari akuntansi anggaran adalah:

1. Pedoman Kerja

Dengan pedoman kerja yang tepat, setiap aktivitas akan mengalokasikan anggaran sesuai ketentuan yang berlaku. 

2. Alat Koordinasi Kerja

Dari pedoman berlanjut ke koordinasi kerja. Apabila karyawan mengikuti alur dan pedoman yang telah ditetapkan dan melakukan koordinasi sesuai perencanaan, pengeluaran anggaran pun berjalan sesuai tujuan. 

3. Pengawasan

Ketika implementasi berjalan dengan baik maka yang perlu diperhatikan adalah kontrol atau pengawasan. Selain itu, evaluasi penting untuk dilakukan agar perusahaan mengetahui mana yang menjadi kekurangan dan kelebihan.