Nama-nama Lain dari Hari Kiamat Ini Wajib Diyakini Setiap Muslim

  • 2 min read
  • Apr 27, 2021
nama lain hari kiamat

Rukun iman kelima yang wajib diyakini oleh setiap umat Islam adalah hari kiamat. Hari itu menjadi akhir dari segala kehidupan serta urusan yang telah dilalui manusia. Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan hari kiamat terjadi. Pasalnya, Allah SWT tidak pernah memberitahukan hal itu kepada siapapun.

Hal itu dijelaskan dalam Surat Luqman ayat 34 yang artinya : “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Al Quran juga menyebutkan bahwa ada beberapa nama lain dari hari kiamat yang wajib diyakini oleh setiap muslim. Apa saja nama nama lain hari kiamat? Temukan jawabannya, dengan menyimak penjelasan dibawah ini :

  1. Yaumul Ba’ats (Hari Kebangkitan)

Seluruh umat manusia akan dibangkitkan dari kuburnya pada hari kiamat. Hal itu dijelaskan dalam Al Quran Surat Ar-Rum ayat 56, yang artinya : “Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit. Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi kamu tidak mengetahuinya.”

  1. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan)

Pada hari kiamat, semua amal baik dan buruk yang telah dilakukan manusia akan dihitung. Hal itu dijelaskan dalam Al Quran Surat Shad ayat 53, yang artinya : “Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari perhitungan.”

  1. Yaumul Din (Hari Pembalasan)

Semua perbuatan yang dilakukan manusia selama di dunia akan ada balasannya di sisi Allah. Baik perbuatan baik atau buruk kelak akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Hal itu dijelaskan dalam Al Quran Surat Al-Fatihah ayat 4, yang artinya :  “Yang menguasai di Hari Pembalasan.”

  1. Yaumul Hasrah (Hari Penyesalan)

Pada akhirnya kelak manusia akan menyesali perbuatan buruk yang telah dilakukannya di dunia dan menyesali perbuatan baik yang belum sempat dilakukannya. Hal itu dijelaskan dalam Al Quran Surat Maryam ayat 39, yang artinya : “Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputuskan, sedang mereka dalam keadaan lalai dan tidak beriman.”

  1. Yaumul Sa’ah (Hari Yang Menentukan)

Nama hari kiamat ini tercantum dalam Al Quran Surat Ghafir ayat 59, yang artinya : “Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.”

  1. Yaumul Tanad (Hari Saling Memanggil)

Manusia akan saling memanggil satu sama lain pada hari kiamat. Hal itu dijelaskan dalam Al Quran Surat Ghafir ayat 32, yang artinya : “Wahai kaumku, sesungguhnya aku takut kepada kalian pada hari saling memanggil.”

  1. Yaumul Fash (Hari Pemisahan)

Yaumul Fash atau hari pemisahan ini dijelaskan dalam Al Quran Surat Ash Shaffat ayat 21, yang artinya : “Inilah hari pemisahan yang dahulu kamu dusatakan.”

  1. Yaumul Jama’ (Hari Berkumpul)

Pada hari kiamat, seluruh umat manusia sejak zaman Nabi Adam hingga manusia akhir zaman akan berkumpul. Hal itu dijelaskan dalam Al Quran Surat Asy-Syura ayat 7, yang artinya : “Dan memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul yang tidak ada keraguan padanya.”