Olahraga yang Aman untuk Usia 40 Tahun Keatas

  • 2 min read
  • Aug 25, 2021
Senam Aerobik

Saat Anda menginjak usia 40 tahun bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan tanpa melakukan olahraga. Mengapa? Karena olahraga sangat penting dilakukan khususnya di usia 40 tahun ketas. Hal ini dikarenakan berat badan mulai bertambah dan masalah pada sendi maupun otot. Hanya saja intensitas dan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan tidak sama seperti saat masih muda. Anda harus memilih aktivitas fisik yang aman untuk menghindari cedera yang bisa saja terjadi.

Nah, jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan untuk usia 40 tahun ke atas? Berikut ini beberapa diantaranya:

Senam Aerobik

Meskipun senam aerobik adalah gerakan yang cepat bukan berarti olahraga ini tidak bisa di dilakukan khususnya untuk mereka yang usianya sudah 40 tahun keatas. Karena ada banyak gerakan yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan. Misalnya saja gerakan yang tidak begitu cepat dan musiknya pun lembut. Jenis senam ini menggabungkan antara dansa dan koreografi sehingga lemak di bagian lengan paha tetap menjadi berkurang. Karena kita tahu bahwa penumpukan lemak memang terjadi pada bagian tersebut seiring dengan bertambahnya usia.

Yoga

Yoga bisa mempertahankan kekuatan otot kemudian menurunkan tingkat stres dan menenangkan pikiran. Olahraga yang berasal dari India ini memang cocok untuk Anda yang berusia di atas 40 tahun karena bisa mencegah dan mengurangi depresi serta menurunkan tekanan darah

Barre

Barre adalah sebuah latihan yang terfokus kepada kekuatan isometrik atau kontraksi otot dimana otot tidak memendek ataupun memanjang. Adapun tenaga yang dikeluarkan oleh otot akan diubah menjadi panas sehingga bisa meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Keduanya bisa dipercaya dapat mencegah cedera dan rasa nyeri yang memang sering terjadi pada usia 40 tahun keatas

Spin

Latihan ini bermanfaat bagi mereka yang tidak ingin mengalami ketegangan pada otot dan sendi. Kelebihan lainnya adalah membantu kesehatan jantung serta membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang singkat. Bagi Anda yang sudah berusia lebih dari 40 tahun ke atas dan sedang dalam program penurunan berat badan maka latihan ini sangat cocok untuk dilakukan.

Pilates

Jika Anda mengalami nyeri pada seluruh badan maka bisa mengikuti kelas khusus pilates. Mengapa? Manfaatnya cukup besar yaitu memperkuat otot dan mencegah cedera pada otot. Tidak hanya itu saja, olahraga ini mampu meningkatkan mobilitas serta kekuatan pada pinggul dan mengurangi nyeri punggung pada bagian bawah.

Berjalan kaki

Adalah jenis olahraga yang cukup murah dan mudah serta bisa dilakukan oleh hampir semua orang. Itulah sebabnya mengapa aktivitas fisik yang satu ini menjadi pilihan yang ideal sebagai olahraga untuk mereka yang berada di atas usia 40 tahun. Selain kalori yang terbakar dengan maksimal, pejalan kaki juga bisa menguatkan stamina dan meningkatkan mood Anda.

Berenang

Olahraga yang cocok juga dilakukan untuk usia diatas 40 tahun. Aktivitas ini sendiri termasuk dalam olahraga aerobik yang bisa meningkatkan kapasitas paru-paru serta tidak membebani sendi. Bagi Anda yang memiliki masalah penyakit sendi sangat disarankan untuk melakukan olahraga ini

Bersepeda

Jenis olahraga yang satu ini banyak dilakukan oleh anak muda tetapi bisa menjadi pilihan olahraga terbaik juga untuk mereka yang berada di atas usia 40 tahun. Hanya saja jangan terlalu memaksakan diri saat bersepeda namun kenalilah seberapa jauh kemampuan fisik Anda untuk melakukannya.

Jadi, selamat berolahraga!