Panduan Membeli Obat dengan Cara Online di Toko SehatQ

  • 2 min read
  • Jun 25, 2021
Toko SehatQ

Website adalah cara yang nyaman untuk membandingkan harga obat resep, meneliti produk dan layanan kesehatan, dan mempersiapkan janji temu medis Anda berikutnya. Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membawa kita ke arah yang lebih baik agar tak perlu menahan rasa sakit saat mengantri obat di apotek.

Apotik yang memiliki reputasi besar terkadang agak lama untuk mengantri obat yang ingin kita beli, sementara rasa pusing atau sakit tak tertahankan sering mengganggu kita saat menunggu lama. Alternatifnya, aplikasi atau website online bisa membantu kita agar tetap terjaga selama di rumah. Sementara akan ada karyawan yang membantu mengantarkan obat langsung ke rumah. Tetapi apakah apotek yang tidak begitu terkenal bisa kita andalkan untuk membeli obat yang aman? Berikut tips untuk menjadi cerdas dan aman saat meneliti produk dan layanan kesehatan online.

Sebelum Anda memberikan informasi pribadi atau keuangan apa pun secara online, apakah itu untuk membeli barang atau mendapatkan informasi lebih lanjut, ingatlah bahwa siapa pun dapat membuka toko online. Jika Anda berpikir untuk membeli produk yang berhubungan dengan kesehatan dari perusahaan atau situs web yang tidak dikenal, lakukan riset.

Pertimbangkan Website atau Aplikasinya

Saat Anda mulai mencari produk, layanan, atau informasi kesehatan, pertimbangkan siapa pengembang mesin tersebut. Situs web pemerintah adalah pilihan yang bagus. Sementara Toko SehatQ juga merupakan situs yang terpercaya dengan pilihan apotik yang lengkap.

Beli Resep Obat dari Apotek Terpercaya

Scammer atau hacker biasanya juga bisa mengintai data Anda dari resep dokter dan alamat rumah sebagai tujuan pengantaran obat. Situs mungkin menggunakan segel dan logo resmi, menjamin kepuasan atau uang Anda kembali, dan “terlihat” sah. Semua itu bisa dipalsukan. Atau skenario terburuknya Anda bisa mendapatkan obat palsu, kadaluarsa, atau salah label, atau produk yang mengandung bahan berbahaya. Dalam keadaan darurat butuh obat, orang bisa saja tertipu karena ada rasa ingin cepat-cepat memulihkan rasa sakit.

Anda bisa memilih apotek yang sesuai dengan tingkat kepercayaan Anda. Misalnya apotek apollo yang sudah bertahun-tahun berkecimpung melayani berbagai macam pasien, dan pelanggan. Intinya jangan tutup telinga dengan kondisi sekitar. Testimoni dari orang-orang tentang pelayanan apotek sangat penting untuk mengetahui pengalaman mereka saat membeli obat.

Apotek yang benar selalu Menjual Produk Ilegal

Saat Anda mencari jawaban atas pertanyaan kesehatan Anda, Anda mungkin menemukan situs web atau iklan pil atau produk lain yang menjanjikan. Mereka mungkin mengatakan produk mereka akan menyembuhkan kondisi serius seperti arthritis, diabetes, penyakit Alzheimer’s, multiple sclerosis, kanker, HIV-AIDS, atau berbagai kondisi. Atau iklan mungkin untuk pil penurun berat badan yang mengatakan bahwa Anda dapat menurunkan berat badan tanpa berolahraga atau mengubah cara Anda makan. Kenyataannya adalah bahwa sebagian besar produk “ajaib” ini tidak berguna, dan paling banter, membuang-buang uang. Yang lainnya sangat berbahaya.

Jangan mempercayai situs web yang menjual obat serbaguna, bahkan jika mereka mengusung orang-orang sebagai testimoninya. Dan jangan terlalu percaya pada produk yang diiklankan sebagai “terobosan ilmiah” atau “pengobatan kuno”, atau iklan yang menggunakan kata-kata yang terdengar ilmiah seperti “termogenesis” atau kata-kata yang terdengar aman seperti “alami”. Scammers bisa menjadi kreatif. Cerita mungkin dibuat-buat, atau orang-orangnya mungkin aktor atau model yang dibayar untuk memuji produk. Di Indonesia segala peralatan medis selalu lengkap dengan tanda resmi BPOM.

Konsultasikan dengan Dokter

Tanyakan kepada dokter tentang apotek yang terpercaya dan menjual obat sesuai resep mereka. Kebanyakan farmasi bekerja sama dengan klinik/ dokter rumah sakit agar mereka merekomendasikan obat yang dijual di apotik. Dokter yang benar biasanya akan menganjurkan obat yang dari apotik bereputasi di kota Anda.