Pinjaman Uang Online Langsung Cair: Tips Memilih P2P Lending yang Terpercaya

  • 2 min read
  • Jan 20, 2021
Pinjaman Uang Online Langsung Cair

Saat ini untuk mendapatkan pinjaman uang online langsung cair banyak sekali pilihannya. Karena banyak sekali aplikasi pinjaman yang bisa kita pilih dan gunakan. Namun baru-baru ini cukup banyak orang yang tertarik untuk mencari pinjaman melalui layanan peer-to-peer lending atau yang disingkat menjadi P2P Lending. P2P lending merupakan layanan online yang akan menghubungkan antara pemberi pinjaman (pendana) dengan peminjam. Sehingga melalui layanan ini Anda bisa menjadi pihak pemberi atau yang mengajukan pinjaman.

Secara konsep, P2P Lending hampir menyerupai marketplace. Dimana bisa menjadi wadah yang mempertemukan antara pembeli dengan penjual. Namun di P2P Lending sistem yang ada adalah untuk mempertemukan antara si peminjam dengan si pemberi pinjaman. Meminjam dana melalui P2P Lending menawarkan beberapa kelebihan, seperti proses yang cepat dan mudah, syarat ringan, serta suku bunga yang rendah.

Namun yang perlu diketahui, dalam meminjam dana melalui P2P Lending juga harus berhati-hati. Pasalnya tidak semua layanan P2P Lending yang ada saat ini sudah terpercaya. Anda harus memilah-milah terlebih dahulu mana yang sekiranya memang aman dan layak sebagai tempat untuk mengajukan pinjaman dana. Jangan sampai Anda terjebak penipuan yang berkedok layanan pinjaman online P2P Lending. Karena pastinya akan merugikan diri Anda ke depannya. Agar bisa mendapatkan layanan P2P Lending yang terpercaya, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilihnya, yaitu:

  • Ketahui tujuan dan kebutuhan Anda terlebih dahulu.

Sebelum memilih layanan P2P Lending, sebaiknya cari tahu tujuan dan kebutuhan keuangan seperti apa yang ingin dipenuhi. Dengan demikian Anda bisa mencari layanan fintech P2P Lending yang menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Pilih layanan P2P Lending yang sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Layanan pinjaman online P2P Lending memang terbilang baru. Sehingga tidak heran jika ada banyak sekali perusahaan fintech P2P Lending yang belum Anda kenal. Agar bisa meminjam dana secara aman, sebaiknya memilih layanan P2P Lending yang sudah terdaftar dan berizin dari OJK yang merupakan pihak berwenang mengatur setiap lembaga keuangan di Indonesia.

  • Pilih platform yang memudahkan.

Dalam memilih perusahaan fintech P2P Lending, pertimbangkan juga dari kemudahan platformnya. Pertimbangkan platform yang sudah menyediakan daftar FAQ agar bisa mengetahui ketentuan yang berhubungan dengan pinjaman di P2P Lending tersebut. Jika Anda akan mengakses pengajuan pinjaman melalui smartphone, sebaiknya pilih aplikasi P2P Lending yang mudah digunakan, aman, dan stabil.

  • Pilih dengan berdasarkan jenis produk dan tenornya.

Perusahaan fintech P2P Lending biasanya menawarkan beberapa jenis pinjaman, seperti consumer loan, small business loan, real estate loan, dan student loan. Sehingga sebaiknya cari tahu jenis produk apa yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan P2P Lending. Jika Anda membutuhkan pinjaman dana untuk membuka usaha, maka memilih P2P Lending yang menawarkan pinjaman small business loan akan sangat tepat.

  • Ketahui waktu pencairannya.

Salah satu alasan kenapa orang-orang tertarik dengan pinjaman online adalah karena waktu pencairan yang relatif singkat. Dimana hanya dalam hitungan hari saja atau bahkan seminggu saja. Sebaiknya cari tahu berapa lama waktu pencairan dari layanan P2P Lending yang Anda tuju agar tidak merugikan ke depannya.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika memilih pinjaman uang online langsung cair dari P2P Lending. AdaKami merupakan salah satu layanan pinjaman online P2P Lending yang sudah terpercaya. Hal ini dibuktikan dengan sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK. Meminjam dana dari AdaKami menawarkan banyak sekali keunggulan, seperti suku bunga yang rendah, tenor pinjaman yang panjang, serta proses yang mudah dan cepat.