Pulau Komodo Terletak di Provinsi Mana? Berikut Penjelasan Mengenai Wisata yang Ikonik Ini

  • Bexi
  • Oct 19, 2022
Pulau Komodo terletak di provinsi
Table Of Content [ Close ]

Pulau Komodo terletak di provinsi mana? Banyak yang mempertanyakan keberadaan pulau yang indah ini. Mengunjungi komodo di Pulau Komodo sepertinya perlu menjadi salah satu daftar perjalanan Anda jika sedang di Nusa Tenggara Timur.

Pulau Komodo adalah kombinasi sempurna untuk perjalanan petualangan yang tak terlupakan. Saat merencanakan perjalanan Anda ke Pulau Komodo, jangan lewatkan hal-hal terbaik yang dapat dilakukan di Taman Nasional Komodo.

Pulau Komodo Terletak di Provinsi Mana?

Pulau Komodo adalah salah satu dari 4 pulau tempat tinggal Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Flores dan Gili Motang. Bersama-sama pulau ini kemudian membentuk ‘Taman Nasional Komodo’.

Pulau-pulau ini semuanya ada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Komodo berada di barat daya negara Indonesia, sekitar 1 jam penerbangan dari Bali.

Kebanyakan orang yang mengunjungi Komodo melakukan perjalanan dari Bali ke pulau Komodo. Anda dapat mengambil penerbangan langsung dari Denpasar (Bali) ke Bandara Komodo, sebuah bandara terdekat yang  ada di Pulau Flores, bandara ini baru saja berganti nama menjadi Bandara Komodo.

Kemudian, orang biasanya menetap di kota terdekat bandara, Labuan Bajo selama beberapa malam. Dari sini, Anda dapat dengan mudah mengatur perjalanan sehari ke Pulau Komodo. Labuan Bajo adalah kota kecil yang menawan dan dibangun baru-baru ini karena popularitas Pulau  Komodo.

Anda juga bisa naik feri dari Bali ke Komodo. Naik feri adalah cara yang populer untuk sampai ke Pulau Flores, dan kemudian melihat komodo. Naik feri biasanya menghabiskan waktu 2 malam dan 3 hari.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Pulau Komodo?

Pada tahun 1986, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia dan Cagar Manusia dan Biosfer oleh Unesco, karena hanya di kawasan ini orang dapat menemukan komodo, spesies kadal hidup terbesar di dunia. Diperkirakan total 5.700 komodo yang menyebut bagian Indonesia yang menakjubkan ini sebagai rumah mereka.

Bisa dikatakan, high season Pulau Komodo adalah bulan Juli dan Agustus dan diperkirakan akan menjadi cukup ramai dengan turis.

Cobalah menghindari musim hujan saat ke Taman Nasional Komodo yakni sekitar Januari, Februari dan Maret.  Jika bisa, kunjungi pulau ini saat bulan Februari. April hingga Juni juga sangat ideal ketika pulau-pulaunya sangat hijau dan suhunya tidak terik.

Taman Nasional Komodo dibentuk oleh tiga pulau besar: Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, ditambah beberapa pulau lainnya, total 2.321 Km2 daratan dan laut yang dilindungi.

Semua hal utama yang dapat dilakukan di Kepulauan Komodo terkait dengan alam, jadi bersiaplah untuk overdosis dengan pemandangan yang menakjubkan, air jernih, karang berwarna, ikan hingga kelelawar raksasa. Sudah tahu ya Pulau Komodo terletak di provinsi mana? Kalau sedang di Pulau Komodo jangan lupakan juga untuk jelajah destinasi Lombok karena lokasinya lumayan dekat dan mudah diakses.