Tips Menonton TV dan Rekomendasi Stasiun MNCTV yang Bisa Diakses dari Laptop

  • 2 min read
  • Jul 28, 2021
MNCTV

Pada dasarnya, kegiatan menonton TV sudah menjadi hal yang lumrah sejak dahulu, apalagi pada masa kini di mana perkembangan teknologi semakin pesat. Makanya tidak heran jika televisi banyak digunakan masyarakat di dunia, termasuk juga di Indonesia. Salah satu stasiun televisi swasta terbaik di Indonesia ialah MNCTV. Kini pelanggan dan penonton setia mnctv juga bisa menyaksikan tayangan MNCTV secara mudah yakni melalui RCTI+, PLAYBOX maupun MNC Vision. Cukup dengan membayar cicilan mulai dari Rp70.000, ada berbagai tayangan dari channel lokal dan internasional yang bisa penonton nikmat. Terdapat juga bonus menarik lainnya ketika berlangganan MNC Vision maupun PLAYBOX yang bisa dibawah ke mana saja secara mudah.

Nah, sebagai orang yang menonton TV, kita bisa saja memiliki banyak tujuan, mulai dari yang mencari hiburan sampai yang ingin memperluas wawasan dan pengetahuan. Hal inilah yang kemudian membuat kita banyak menghabiskan waktu selama  berjam-jam di depan TV setiap hari. Makanya kadang, ada saja yang menganggap bahwa ketika kita berada terlalu dekat dengan layar TV, maka kita sebaiknya segera menjauh atau ada orang lain yang memperingatkan kita untuk menjauh. Apabila kamu termasuk salah satu orang yang pernah mengalami hal ini, maka pada dasarnya nasehat yang diberikan kepada kita untuk tidak menatap layar televisi secara dekat memang benar. Maka dari itu, kita juga harus mengetahui langkah aman untuk menonton televisi.

Lantas, seberapa jauhkah jarak aman bagi kita untuk menonton TV? Berdasarkan informasi yang diperoleh dari kompas.com pada Buku Kontroversi 101 Mitos Kesehatan (2012) oleh dr Florentina R. Wahjuni, telah dijabarkan bahwa kegiatan menonton televisi pada dasarnya bukanlah kegiatan yang akan merusak mata kita. Namun, perlu diingat bahwa hal ini berlaku apabila kita menonton dengan jarak pandang yang aman. Jarak pandang yang aman tersebut ialah 5 kali panjang diagonal layar televisi yang kita miliki. Selain itu, ketika kita menonton televisi, kita juga tidak boleh menonton dalam jangka waktu yang terlalu lama karena jika terlalu lama, hal tersebut akan bisa menimbulkan keluhan pada mata kita.

Maka dari itu, kita pun bisa menyimpulkan bahwa ketika kita menonton televisi, kita tidak boleh melakukannya di ruang yang terlalu gelap. Soalnya, hal ini akan mengakibatkan mata kita harus memiliki fokus mata yang terlalu panjang pada setiap objek. Akibatnya, nanti akan muncul ketegangan mata. Adapun terdapat beberapa contoh gejala ketegangan mata, diantaranya seperti sakit kepala, mata lelah, mata merah, mata berkedut, merasa tidak nyaman di sekitar mata, mengalami sakit mata, serta memiliki penglihatan kabur dan kadang muncul penglihatan ganda.

Serupa dengan yang telah dijelaskan, buku berjudul Mengatasi Penyakit dan Masalah Belajar Anak (2013) yang telah disusun oleh Redaksi Health Secret juga memberikan penjelasan mengenai siapa saja yang dianjurkan untuk mengambil jarak ideal ketika menonton TV sehingga membuat dirinya terhindar dari gangguan mata yang parah. Bukan hanya itu saja, Redaksi Health Secret pun memberikan penjelasan yang sama mengenai jarak ideal untuk menonton TV, yakni sekitar 5 kali diagonal layar televisi. Jadi jika diagonal televisi memiliki panjang 21 inci, maka kita perlu menjaga jarak sepanjang 5 x 21 inci yakni 105 inci alias 2,66 meter. Dengan begitu, kita akan menyaksikan tayangan-tayangan favorit kita secara lebih rileks dan memberikan jarak pandang yang tetap aman.